Home » » 5 Cara Menang Melawan Stres

5 Cara Menang Melawan Stres

Dalam keadaan stres, tampaknya, sangat sulit bagi Anda untuk bangkit dan keluar darinya. Sebelum stres memberi dampak pada kondisi psikologis dan emosional Anda, sebaiknya atasi stres Anda dengan beberapa cara berikut.

  • Ambil Alih Hidup Anda
Stres seringkali memiliki efek yang bergulir cepat dan tidak dapat dikendalikan. Hasilnya, Anda jatuh sakit atau sampai depresi. Oleh karena itu, pastikan Anda mengambil alih segala situasi sebanyak yang Anda mampu agar Anda jangan sampai merasa tidak berdaya dan dikendalikan oleh stres.
  • Bagi Kekhawatiran
Rasa khawatir yang dibiarkan berkembang terus dapat menjadi racun dalam diri Anda. Sebaiknya, Anda membagi rasa khawatir yang dirasakan kepada orang yang Anda percaya. Dengan demikian, Anda tidak sendirian menghadapinya dan, bahkan, mendapatkan bantuan untuk mengatasinya.
  • Ambil Jeda
Setiap orang butuh waktu beristirahat atau mengambil jeda dari rutinita agar tidak bosan. Hal sederhana seperti jeda istirahat di antara jam kerja, jangan Anda lewatkan. Istirahat sejenak, meski hanya satu-dua jam, sangat berguna untuk menjauhkan Anda dari stres.
Lebih ekstrim, Anda bisa mengambil cuti dan ‘melarikan’ diri sejenak dari orang-orang di sekeliling Anda. Rekan kerja, teman, bahkan keluarga, bisa menjadi begitu menuntut waktu kita. Namun, sisakan juga waktu untuk diri Anda sendiri. Sesekali, matikan telepon dan nikmati waktu sendiri tanpa gangguan apapun perlu untuk me-refresh diri Anda.
  • Terima Beberapa Hal Tak Dapat Berubah
Rasa stres bisa saja timbul karena Anda selalu menuntut dan menginginkan hal yang berbeda dari yang Anda miliki. Seharusnya, Anda bisa menyadari ada beberapa hal yang memang tidak bisa Anda miliki atau ubah. Belajarlah menerima kenyataan tersebut dan abaikan hal-hal yang tidak mampu Anda ubah.
  • Buat Prioritas
Dalam hal apapun, tidak harus selalu dalam pekerjaan, Anda sebaiknya membuat prioritas. Anda tidak dapat menyenangkan semua orang, Anda tidak dapat menolong setiap orang, dan Anda tidak dapat melakukan segalanya dengan sempurna. Karenanya, buatlah prioritas hal-hal yang penting untuk Anda. Jangan ‘serakah’ dan terlalu ambisius dalam melakukan segala sesuatunya. (allwomenstalk/Kabar24/nel)
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam