Home » » 5 Cara Tetap Langsing Setelah Lebaran

5 Cara Tetap Langsing Setelah Lebaran

Liburan panjang Idul Fitri memang melibatkan banyak acara makan-makan. Mulai dari ketupat, opor ayam, sayur labu, sambal goreng ati ampela sampai berbagai kue-kue kering manis yang menggugah selera.

Tidak heran kalau banyak orang yang justru bertambah badannya setelah liburan Lebaran. Nah, supaya bisa tetap bugar, langsing dan sehat setelah liburan Lebaran, berikut 5 cara yang bisa Anda coba.

1. Hindari terlalu banyak santan
Makanan bersantan membuat risiko kadar kolesterol Anda meningkat dan kandungan lemak dalam tubuh bertambah. Sayangnya, semua makanan Lebaran biasanya mengandung santan. Makanya, Anda harus pintar-pintar mengatur jumlah makanan bersantan yang Anda konsumsi. Usahakan untuk mengkombinasikan makanan bersantan dengan buah-buahan.

2. Sedikit dan sering lebih baik
Saat Lebaran Anda akan banyak mengunjungi saudara dan teman-teman. Ini memperbesar kemungkinan Anda diharuskan makan dalam setiap kunjungan ke tempat yang berbeda. Supaya tetap bugar dan langsing dan dianggap sopan, Anda tetap bisa makan di tempat acara yang Anda hadiri. Hanya saja Anda harus memperhatikan porsi yang Anda makan, usahakan makan setidaknya setengah dari porsi normal Anda. Ingatlah makan dengan porsi kecil dan frekuensi sering lebih baik daripada makan dengan porsi besar.

3. Lancarkan pencernaan
Salah satu kunci untuk menjaga berat badan dan kesehatan Anda adalah pencernaan yang baik. Jadi, meskipun Anda banyak makanan bersantan, berminyak dan makanan manis, pastikan Anda selalu menyeimbangkannya dengan hal lain yang bisa membantu pencernaan. Misalnya buah-buahan, vitamin dan minum banyak air.

4. Kurangi camilan
Walaupun banyak pilihan makanan kecil yang akan disajikan di depan Anda untuk menemani bersilahturahmi, usahakanlah untuk tidak selalu terpancing memakannya. Pasalnya, camilan yang berupa makanan manis ini mengandung banyak gula dan membuat berat badan Anda bertambah.

5. Perbanyak bicara
Tidak banyak kegiatan yang membakar kalori seperti olahraga yang bisa Anda lakukan saat libur Idul Fitri. Ini membuat lemak Anda semakin menumpuk dan terus menunggu untuk dibakar. Cara termudah untuk membakarnya adalah dengan bicara. Menurut Livestrong.com, berbicara secara langsung atau pun melalui telepon bisa membakar kalori. Jadi, usahakan Anda banyak berbicara saat bersilahturahmi di acara Lebaran. Kalau Anda bisa melakukannya sambil berdiri, itu bahkan lebih baik. (Kabar24/ms)

Marissa Saraswati
di kutip dari kabar24.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam