Home » » Lensa Kontak, Pemutih, Rebounding Bikin Sakit

Lensa Kontak, Pemutih, Rebounding Bikin Sakit

Banyak kaum pria dan perempuan melakukan segala cara agar bisa tampil lebih menarik, namun usaha ini terkadang mempertaruhkan kesehatan mereka.

Tren kecantikan yang sering dilakukan adalah meluruskan rambut dengan teknik rebounding atau smoothing. Rambut super keriting memang dapat menjadi lurus, tetapi yang berbahaya adalah produk pelurusan rambut tertentu yang mengandung berbagai bahan kimia berbahaya, termasuk formaldehida.

Formaldehida adalah gas berbau tajam yang dapat menyebabkan iritasi pada mata dan hidung, serta menyebabkan reaksi alergi seperti asma seperti masalah pernapasan, serta ruam kulit dan gatal, bila terhirup.
Tren kecantikan yang lain adalah penggunaan lensa kontak, yang bertujuan membuat mata terlihat lebih besar dan menarik.

Menurut Pejabat Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat, Karen Riley, sebagaimana dilansir dari LiveScience, lensa kontak dapat menyebabkan masalah penglihatan.

“Konsumen yang menggunakan lensa kontak berisiko tinggi mengalami cedera mata, bahkan kebutaan,” ujar Riley.

Banyak orang ingin memiliki kulit putih dan bersih, hal ini menimbulkan tren penggunaan produk kosmetik yang bertujuan untuk memutihkan kulit.

Padahal, beberapa produk kecantikan tersebut banyak mengandung logam cair Merkuri. Merkuri ini berfungsi untuk menahan produksi melanin pada pigmen kulit, sehingga kulit menjadi lebih putih.
“Paparan merkuri dapat membahayakan kesehatan seperti merusak ginjal dan sistem saraf, serta mengganggu pertumbuhan otak anak yang sedang berkembang,” ujar Penasihat Medis Senior dari Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat, Charles Lee. (Antara/nj)

newswire
dikutip dari kabar24.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam