Home » » Fosil Tiram Ini Diduga Berisi Mutiara Raksasa

Fosil Tiram Ini Diduga Berisi Mutiara Raksasa

Sebuah fosil tiram berusia 145 juta tahun yang terjaring di pantai selatan Inggris diduga berisi mutiara terbesar di dunia. Para ahli menggunakan teknologi pemindaian medis MRI untuk menganalisis fosil guna mengetahui apakah ada permata langka di dalamnya.

Hasilnya menunjukkan ada sebuah benda misterius halus seukuran bola golf. Jika teridentifikasi sebagai mutiara,  benda itu bisa bernilai ribuan pound. Tetapi para ahli tidak akan menyelidiki lebih jauh, karena untuk itu harus menghancurkan fosil itu.

Tiram berukuran 7 inci (17,78 cm) – 10 kali ukuran normal - itu saat ini berada di Blue Reef Aquarium di Portsmouth. Tiram itu hanya dikeluarkan untuk jadi pembahasan kuliah.

Lindsay Holloway, dari akuarium itu, mengatakan tiram itu ditemukan di jaring kapal nelayan di wilayah Selat Solent. Ketika nelayan kembali ke pelabuhan mereka membersihkannya  dan menyadari bahwa benda itu adalah sebuah fosil. "Ia benar-benar berubah menjadi batu."

Ahli perhiasan Geoffrey Munn mengatakan mutiara seukuran bola golf adalah hal yang luar biasa. "Yang terbesar yang pernah tercatat sekitar setengah ukuran tersebut."

Setelah berita penemuan itu, sebuah perusahaan di Cheltenham, Cobalt, pemasok pemindai kesehatan, menawarkan diri untuk memindai tiram itu untuk melihat isinya.

"Seorang warga menelepon dan memberitahu kami tiram itu dipajang di sebuah penjual ikan lokal sehingga kami memanggil mereka dan mereka memberikannya kepada akuarium," kata Lindsay.

"Usia tiram dapat diketahui dari cincin pertumbuhan tahunan pada cangkang mereka dan kami telah menghitung lebih dari 200 cincin pada tiram ini yang menjadikannya sebagai individu yang sangat berumur panjang," ujarnya.

"Isi tiram bisa berupa apa pun, tapi jika Anda melihat murni pada dimensi tiram itu, maka Anda akan melihat sebuah mutiara sebesar bola golf."


di kutip dari tempo.co
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam