Home » » 5 Cara Menghindari Cidera Pada Saat Berolahraga

5 Cara Menghindari Cidera Pada Saat Berolahraga


Olahraga dilakukan untuk membuat tubuh sehat, bukan sebaliknya. Karena itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berolahraga untuk menghindari cedera yang mungkin terjadi.
 
1.Mulai perlahan
Jika sudah lama absen olahraga, ada baiknya memulai olahraga kembali dengan perlahan. Tidak perlu ambisius dengan berlari cepat di treadmill selama 30 menit, cukup awali dengan berjalan selama lima menit. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan jogging atau lari-lari kecil selama 10-15 menit. Jika tubuh terasa lelah, lanjutkan dengan berjalan kembali.


2. Makan secukupnya
Saat ingin mencapai berat tubuh ideal, orang cenderung melakukan diet ketat dan olahraga sekaligus. Namun, perlu diingat pula makan terlalu sedikit menyebabkan energi yang dimiliki pun sedikit untuk berolahraga. Tubuh tetap memerlukan vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein yang cukup untuk menjadi ‘bahan bakar’ saat olahraga.


3.Konsultasikan ke dokter
Tidak ada salahnya mengonsultasikan ke dokter atau pelatih olahraga untuk mengetahui seberapa kuat diri Anda untuk berolahraga. Misalnya karena Anda memiliki kondisi jantung atau punggung yang kurang kuat sehingga bisa mempengaruhi Anda saat berolahraga. Dengan konsultasi pada ahli, Anda juga bisa mengetahui jenis olahraga yang tepat dan seberapa sering bisa dilakukan.


4.Jangan sampai dehidrasi
Saat berolahraga, tubuh menjadi cepat terasa panas dan cara untuk mendinginkan tubuh adalah dengan berkeringat. Dengan begitu tubuh akan kekurangan banyak cairan, rata-rata sekitar satu liter cairan setiap jam saat berolahraga. Semakin lama dan semakin berat berolahraga akan semakin banyak pula cairan yang keluar, sehingga tidak ada cara yang tepat untuk tahu berapa banyak cairan yang kita butuhkan. Coba minum 300ml – 500ml air setiap 15 menit saat berolahraga.

 
5.Lakukan pemanasan
Pemanasan dan peregangan (stretching) sangat penting dilakukan sebelum Anda mulai berolahraga dalam waktu lama. Cara ini juga bisa menghindari Anda dari cedera, seperti tertariknya otot saat olahraga.



di kutip dari kabar24.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam