Home » » Lumba-lumba Gunakan Matematika Saat Berburu

Lumba-lumba Gunakan Matematika Saat Berburu

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang pintar. Namun siapa menyangka jika mamalia laut ini bisa melakukan hitung-hitungan ala matematika. Sebuah tim peneliti dari University of Southampton, Inggris, menunjukkan bahwa lumba-lumba menggunakan matematika saat berburu.

Ada teknik khusus yang digunakan lumba-lumba sewaktu berburu, yakni "jaring gelembung". Mereka meniupkan gelembung udara di sekitar ikan yang akan dimangsa untuk memaksa mereka mendekat. Dengan kemampuan ekolokasi, lumba-lumba menggunakan sonar untuk menentukan mangsa yang akan dilahapnya.

Namun, muncul pertanyaan, bagaimana lumba-lumba membedakan ikan dari gelembung?

Penelitian yang dipimpin Tim Leighton, seorang profesor bidang ultrasonik dan akustik bawah air, menunjukkan bahwa lumba-lumba "menghitung" umpan balik dari sinyal sonar yang mereka pancarkan. "Kemampuan ini memerlukan penguasaan matematika nonlinier lanjutan," ujar dia.

Lumba-lumba memanfaatkan sonar secara penuh dan mengesampingkan indra lainnya tatkala berburu. Sewaktu mengaktifkan sonar, kata Leighton, lumba-lumba memancarkan klik-klik gelombang dengan tingkat amplitudo yang bervariasi. Variasi inilah yang menjadi kunci keberhasilan lumba-lumba berburu.

"Variasi klik menghasilkan perubahan gema yang dapat mengidentifikasi target, dalam hal ini ikan kecil, dalam jaring gelembung. Sonar buatan manusia tidak dapat melakukan hal ini," ujar dia seperti dikutip situs Huffingtonpost, Selasa 24 Juli 2012.

Leighton juga menemukan bahwa bentuk lanjutan dari sonar itu--yang disebut biased pulse summation sonar (BiaPSS)--memungkinkan lumba-lumba untuk memisahkan sonar yang terkadang dipancarkan mangsa. Kemampuan ini dimiliki lumba-lumba secara alami.

Penelitian Leighton tidak membuktikan lumba-lumba menggunakan prinsip dasar matematika untuk berburu, tapi membuka kemungkinan tersebut. "Pada prinsipnya itu sangat mungkin dilakukan oleh lumba-lumba," kata Hugh Griffiths, insinyur dari University College London di Inggris.



di kutip dari tempo.co
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam