Home » » Perbandingan Apple IOS 6 Vs. Android 4.1 Jelly Bean

Perbandingan Apple IOS 6 Vs. Android 4.1 Jelly Bean

Persaingan pasar smartphone saat ini dikuasai oleh dua raksasa Google Android dan Apple iOS, dimana Android menguasai pasar smatphone sebesar 50% sedangkan Apple iOS meraih 30%
Wired, sebuah situs teknologi dan gadget mencoba memberikan perbandingan kelebihan juga kekurangan dari kedua OS mobile versi terbaru dari kedua rakasasa ini yaitu Android 4.1 Jelly Bean vs Apple iOS 6 dari berbagai sisi.


Android 4.1 Jelly Bean secara resmi telah dirilis oleh Google pada acara Google I/O Conference yang dilangsungkan beberapa waktu lalu, OS terbaru Google ini dibekali dengan dengan sejumlah fitur baru untuk menjawab tantangan iOS.

Apple Siri vs. Google Now Voice Search
SIRI adalah salah satu fitur iOS yang banyak diikuti oleh para produsen untuk membuat fitur serupa, tak terkecuali Google yang juga megnhadirkan fitur Google Now Voice Search.

Jika user mengajukan pertanyaan lewat Google Now Voice Search maka Voice Search akan menjawab berdasakan Wikipedia. Sedangkan Siri akan menjawab berdasarkan fakta dari WolframAlpha.

Secara umum Apple dengan Siri terlihat lebih unggul dengan integrasi sosial media, sedangkan Google Now Voice Search unggul dengan luasnya informasi yang disampaikan.

Apple 3D Maps vs. Google Maps
Apple memutuskan untuk mengganti Google Maps dengan Apple 3D Maps di iOS 6, hal ini membuat Google Maps mendapat saingan baru. Apple menawarkan tampilan 3D map yang indah.

Sementara Google Maps menawarkan fitur yang lebih lengkap dengan dukungan fitur navigasi turn-by-turn serta kemampuan membuat rute serta layanan Latitude yang membantu pengguna untuk menemukan rekan-rekannya yang opt-in.

Kesimpulannya, Google Maps lebih unggul. Google lebih berpengalaman dari Apple dalam hal membangun infrastruktur aplikasi pemetaan.

Integrasi Jejaring Sosial
Android 4.1 Jelly Bean telah mengintegrasikasn jejaring sosial dan sosial media lebih dalam melalui API(Application Programming Interface) terbuka. Android menawarkan kemudahan berbagi dengan layanan seperti Facebook, Twitter, Google+ serta Dropbox, Foursquare dan GroupMe.

Apple iOS 6 menawarkan intergrasi dengan layanan Facebook dan Twitter, namun tak semudah di Android, jika pengguna ingin berbagi foto atau video, terlebih dahulu harus menjalankan aplikasi yang bersangkutan.
Kesimpulannya, keduanya memang menawarkan integrasi yang mendalam dengan sosial media, namun Android jauh lebih mudah dan terbuka terhadap berbagai layanan.

Google Play vs. iTunes Store
Apple iTunes Store menyediakan berbagai kebutuhan pengguna iOS yang terbagi menjadi beberapa bagian seperti iTunes untuk toko musik, iBooks untuk toko buku dan App Store untuk aplikasi.

Google menyediakan Play Store untuk pengguna Android. Berbeda dengan iTunes Store yang terbagi menjadai beberapa toko sesuai dengan jenis kontenh yang dijual, Play Store menggabungkan semua konten menjadi satu tempat.

Kesimpunnya, keduanya menawarkan cara yang berbeda, namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Safari vs. Chrome
Google mengumumkan bahwa Chrome akan menjadi browser default Android 4.1 Jelly Bean yang menawarkan berbagai fitur seperti sinkronisasi dengan akun Google, tab tak terbatas dan pencarian terpadu.
iOS 6 mengusung browser Safari yang juga menawarkan sinkronisasi bookmark dan tab serta menawarkan fitur Reading List yang menjadi fitur andalan Safari.

Kesimpulannya, keduanya memiliki fitur setara dan kemampuan yang sama baiknya, namun Safari memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh Chrome, yaitu fitur Reading List.

Siapakah Pemenangnya?
Wired memutuskan bahwa Apple iOS 6 menang tipis dari Android 4.1 Jelly Bean besutan Google.
Kedua sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, iOS menawarkan berbagai fitur seperi Passbook, VIP email, Facetime dan photo streaming.

Android 4.1 Jelly Bean menawarkan integrasi yang mendalam dengan jejaring sosial, fitur pemetaan yang lebih baik dan juga menawarkan kebebasan dalam memilih handset.


di kutip dari kasurkotor.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam