Home » » Hmm...Lembut Creamy Panna Cotta dari Italia!

Hmm...Lembut Creamy Panna Cotta dari Italia!

Foto: chefmichaellockard.com
Pencuci mulut dari Italia ini mulai banyak disukai orang. Jenis puding yang dibuat dari krim segar, gula dan gelatin ini teksturnya lembut halus. Rasanya makin enak saat dimakan dingin dengan siraman aneka saus buah berry. Mamma mia!

Dalam bahasa Italia panna berarti krim dan cotta berarti masak. Atau dikenal dengan sebutan 'cooked cream' alias krim masak. Bahan dasar yang paling umum dipakai adalah krim segar, susu, gula dan gelatin.

Konon pencuci mulut ini berasal dari daerah bernama Langhe di Piedmont, Italia Selatan. Diciptakan oleh seorang wanita asal Hungaria pada abad ke 19. Versi asli dessert yang diciptakan perempuan ini memakai telur, kopi, dan vanili.

Saat itu sari tulang ikan yang direbus dipakai sebagai gelatin. Gelatin kini mudah didapat dalam bentuk bubuk dan lembar di toko bahan kue dan pasar swalayan besar. Berbeda dengan agar-agar, gelatin ini memberi tekstur lentur lembut pada panna cotta.

Jika ingin membuatnya juga mudah. Masak krim, susu dan gula. Setelah panas, tambahkan beberapa lembar gelatin atau gelatin bubuk. Setelah larut, adonan bisa dicetak dalam mangkuk-mangkuk mungil. Dinginkan lalu simpan dalam lemari es hingga membeku.

Panna cotta tampilannya sangat menggiurkan. Warnanya putih susu, rasanya creamy dan lembut. Makin enak dipadukan dengan topping buah-buahan, selai buah atau saus karamel. Jika ingin mencicipinya, banyak resto Italia dan bakery menyediakan dessert ini dalam beragam pilihan rasa. Harganya berkisar Rp. 25.000,00 – Rp.50.000,00 per porsinya.
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam