Home » » Makanan Ini Perlu Dihindari Saat Anak Berusia 0-12 Bulan

Makanan Ini Perlu Dihindari Saat Anak Berusia 0-12 Bulan

Anak perlu diperkenalkan dengan beragam jenis makanan. Perkenalan makanan ini harus dilakukan bertahap sesuai dengan usianya. Bukan hanya itu. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari atau tidak perlu diperkenalkan pada anak.

Karena sistem pencernaan yang masih sensitif, anak perlu waktu untuk penyesuaian. Salah-salah memberikan makanan bisa menimbulkan alergi. Sebaiknya ketahui jenis-jenis makanan yang perlu dihindari saat si kecil berusian 0 – 12 bulan, seperti berikut ini :



1. Makanan tak bergizi atau tak sehat
Makanan tinggi garam seperti keripik dan makanan siap saji lainnya dapat membahayakan ginjal anak. Selain itu, jangan berikan makanan bergula seperti kue dan biskuit yang hanya mengandung sedikit nutrisi.







2. Pola makan vegetarian
Sebenarnya diet vegetarian itu beresiko kekurangan vitamin. Saat usia 0-12 bulan anak membutuhkan nutrisi lengkap untuk perkembangan tulang, otot, sistem saraf dan otak. Karenanya belum saatnya memperkenalkan diet ini pada anak.






3. Makanan penyebab alergi
Sistem kekebalan tubuh ank usia 0-12 bulan belum sepenuhnya berkembang. Jika keluarga memiliki riwayat alergi, jangan berikan makanan pada anak yang bisa membuat keluarga alergi. Misalnya telur, kacang-kacangan, kedelai dan gandum.






4. Susu formula
Ada baiknya jika tetap memberikan ASI hingga anak usia lebih dari setahun. Jika diberikan susu formula kurang dari satu tahun, bisa menjadi penyebab umum alergi pada usia dini.










di kutip dari food.detik.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam