Home » » Ciri-ciri Orang yang Rentan Alami Gangguan Kekebalan Tubuh

Ciri-ciri Orang yang Rentan Alami Gangguan Kekebalan Tubuh

Seseorang yang mudah jatuh sakit berarti daya tahan tubuhnya rendah atau mengalami gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya. Tubuh Anda dapat menunjukkan tanda-tanda tertentu jika sistem kekebalannya terganggu.

Berikut 6 tanda bahwa tubuh Anda mengalami gangguan sistem kekebalan, seperti dilansir prevention, Rabu (18/7/2012) antara lain:

1. Anda mengidam makanan manis

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan 100 gram gula sehari atau setara dengan yang terkandung dalam 3 kaleng soda secara signifikan menghambat kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri hingga 5 jam sesudahnya.

Oleh karena itu, jika Anda mengidam makan makanan manis, pertimbangkan kembali untuk makan makanan atau minum minuman manis.

2. Anda tidak minum cukup air

Seseorang membutuhkan banyak air untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuhnya. Seberapa banyak cairan yang harus diminum sehari-hari berbeda dari orang ke orang.

Ketika air seni Anda berwarna kuning pucat, mungkin Anda perlu minum lebih banyak air. Racun yang menumpuk dalam tubuh dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan membut Anda mudah sakit.

3. Anda kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan tidak sehat untuk jantung, otak, organ lainnya serta sistem kekebalan tubuh Anda. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan peradangan yang mengganggu kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Kondisi hidung terlalu kering

Bagian dalam hidung yang berlendir mungkin kedengarannya kotor, tapi lendir dapat menjadi perangkap bagi virus dan membersihkannya dari tubuh Anda.

Jika hidung Anda terlalu kering, kuman lebih mudah masuk ke dalam tubuh Anda. Jika kekeringan tersebut bersifat sementara, usap hidung dengan air atau air yang telah diberi sedikit garam. Jika kekeringan bersifat kronis, periksakan kondisi Anda ke dokter untuk menentukan penyebab yang mendasarinya.

5. Anda terlalu mudah stres

Menurut sebuah laporan oleh American Psychological Association, stres jangka panjang dapat melemahkan respon sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, bentengi diri dari masalah-masalah yang memicu stres untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik.

6. Anda terlalu sering pilek

Orang dewasa rata-rata mengalami sekali sampai tiga kali pilek setiap musim yang biasanya berlangsung 3 atau 4 hari.

Jika Anda mengalami pilek yang lebih sering dan lebih lama, mungkin daya tahan tubuh Anda rendah. Atasi dengan lebih banyak tidur, olahraga teratur dan makan makanan yang lebih sehat.


di kutip dari health.detik.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam