Home » » Apel untuk Turunkan Kolesterol

Apel untuk Turunkan Kolesterol

Para ilmuwan menemukan bahwa buah apel bisa menurunkan kadar lemak dalam darah secara signifikan pada wanita yang mengalami menopause, kelompok yang berisiko paling tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, mengkonsumsi buah ini setiap hari selama enam bulan bisa menurunkan kolesterol hingga 25 persen.

Penurunan terbesar terlihat pada rendahnya kadar lipoprotein. Lemak jenis ini biasa disebut kolesterol ‘jahat’. Dia biasa mengendap di atas arteri dan bisa meningkatkan risiko pembekuan darah di dekat jantung dan otak sehingga mengancam jiwa. Hasil riset tim peneliti dari Florida State University Amerika ini memperkuat penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa apel bagus untuk jantung.

Sekitar 45 persen wanita Inggris menderita penyakit jantung atau mengalami stroke. Penyakit itu menjadi penyebab kematian tunggal tertinggi di kalangan wanita menopause. Sebelum mengalami menopause, wanita memang memiliki kekebalan alami atas penyakit jantung dan rata-rata angka sakitnya hanya sepertiga dibandingkan pada pria. Namun, ketika wanita berusia 50 tahun ke atas, penyakit ini meningkat tajam.


Dengan riset ini, para peneliti membuktikan bahwa mengkonsumsi dua butir apel per hari bisa secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka melakukan penelitian terhadap 160 wanita yang sudah mengalami menopause dan meminta sebagian dari mereka mengkonsumsi 75 gram apel yang dikeringkan setiap hari– jumlah ini sama dengan dua butir apel segar berukuran sedang.


Sebagai perbandingan, sebagian partisipan diminta untuk mengkonsumsi buah
plum dalam jumlah yang sama. Masing-masing sukarelawan kemudian dites darah setiap tiga bulan selama satu tahun.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di
Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics ini menunjukkan bahwa setelah tiga bulan, kadar kolesterol secara keseluruhan para pengkonsumsi apel mengalami penurunan sembilan persen dan kolesterol LDL-nya turun hingga 16 persen. Para pengkonsumsi buah plum juga mengalami penurunan kadar kolesterol, tetapi hanya sedikit--tidak sebanyak pengkonsumsi apel kering.

“Konsumsi dua butir apel berukuran sedang bisa secara signifikan menurunkan kadar kolesterol hanya dalam waktu tiga bulan,” kata para peneliti.

Pada 2009 silam, penelitian yang dilakukan di Polandia juga menunjukkan bahwa konsumsi dua butir apel per hari bisa menurunkan risiko kanker usus pada orang dewasa. Sementara itu, para ilmuwan dari St. George’s Hospital Medical School di London menunjukkan bahwa fungsi paru-paru pada pria berusia pertengahan dan mengkonsumsi satu butir apel per hari bisa mengalami peningkatan.



di kutip dari tempo.com 
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam