Home » » Facial wajah rutin 2 minggu sekali agar bebas kusam

Facial wajah rutin 2 minggu sekali agar bebas kusam

Facial wajah merupakan upaya yang dilakukan untuk merawat kulit wajah agar senantiasa terjaga kebersihan, kesehatan dan kecantikannya.
illustrasi forumbebas.com

Apakah Sahabat secara rutin melakukan facial dengan mengunjungi salon? Tentunya sangat merepotkan, menguras uang saku dan menyita waktu, bukan?  Apalagi jika facial dilakukan secara reguler setiap 2 minggu sekali. Dijamin, uang saku dan waktu Sahabat akan terkuras banyak hanya untuk facial saja.

Padahal sebenarnya ada cara yang bisa mengatasi masalah tersebut. Wajah tetap terawat, hanya membutuhkan sedikit dari waktu Sahabat dan dijamin lebih aman dan murah dibandingkan dengan melakukan facial di salon. Yaitu apabila Sahabat melakukan facial di rumah. Sahabat hanya cukup menyiapkan beberapa alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan, kemudian ikuti langkah facial berikut ini:

Cara facial wajah di rumah

Pertama
Di langkah pertama ini, Sahabat harus menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan.
Sebelum dimulai, persiapkan terlebih dulu bahan dan alat-alat facial. Rich Amor telah menyediakan paket self facial yang terdiri dari cleansing milk, sabun, toner (untuk kulit berminyak), scrub (sebagai exfoliant), masker dan kuas. 

Membersihkan Wajah & Pengangkatan atau Pembuangan Sel Kulit Mati (Eksfoliasi)
Setelah semua langkah persiapan Sahabat lakukan, langkah facial berikutnya adalah membersihkan wajah dari segala kotoran, seperti debu, keringat, minyak, dan mungkin bakteri atau virus dengan cleansing milk dicampur dengan scrub.

Aduk cleansing milk serta scrub secara merata, kemudian oleskan ke seluruh wajah dan leher secara merata. Gosoklah dan pijatlah dengan lembut dengan arah melingkar ke atas selama 15 menit. Bagian yang harus paling diperhatikan adalah daerah T, yaitu hidung dan dahi.  Daerah T biasanya bagian yang paling sering dikunjungi komedo, dan sel kulit mati.

Langkah facial yang ini memang cenderung mulai merepotkan. Sahabat harus menyesuaikan jenis pembersih dengan jenis kulit wajahnya. Jika kulit normal cenderung kering, penggunaan susu pembersih adalah lebih baik. Hal ini karena susu pembersih bisa menambah kelembaban kulit wajah. Apabila kulit Sahabat cenderung berminyak, setelah menggunakan susu pembersih maka gunakanlah toner.

Langkah ini akan efektif mengangkat kotoran yang menempel dalam pori-pori (termasuk komedo), debu, keringat, minyak, kuman-kuman serta membuang sel-sel mati pada kulit wajah

Kompres Hangat
Langkah facial selanjutnya adalah mengompres wajah Sahabat dengan air hangat. Caranya, siapkan wadah dan isi dengan air hangat, kemudian masukkan waslap atau handuk halus ke dalamnya. Peras sedikit airnya (agar tidak terlalu basah) dan lalu kompreskan di wajah Sahabat.  Dengan mengompres wajah dengan air hangat, akan membuat pori-pori sedikit terbuka.  Hal ini membantu proses dan keefektifan langkah selanjutnya, yaitu maskeran.

Maskeran
Setelah membersihkan sisa cleansing milk dan scrub pada wajah, langkah selanjutnya adalah mengusapkan masker pada wajah. Usapkan masker secara merata di kulit wajah dengan menggunakan kuas.

Menggunakan masker wajah secara teratur, dapat membantu membersihkan dan menghaluskan kulit wajah yang lelah dan mudah terpapar sinar matahari. Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal. Gunakan kuas khusus untuk mengoleskan masker ke seluruh permukaan wajah dan leher dengan rata, kecuali lingkar mata dan mulut. Diamkan selama 10-20 menit. Usahakan jangan mengernyit, tertawa atau menggerakkan otot wajah saat sedang menggunakan masker, agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Tahap masker wajah bisa dilakukan seminggu 2 kali. 

Pembersihan
Bersihkan sisa masker dengan menggunakan air hangat dan waslap. Kemudian lakukan langkah terakhir yaitu membersihkan wajah dan leher dengan sabun. 

Sumber : Cara
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam