Home » » Popcorn Ternyata Camilan Kaya Antioksidan

Popcorn Ternyata Camilan Kaya Antioksidan

Gandum dan jagung adalah dua jenis makanan yang mengandung polifenol paling tinggi, bila diproses menjadi makanan ringan.

Hal ini dibuktikan oleh seorang profesor kimia dari University of Scranton AS, Joe Vinson, bersama dengan tim penelitinya.

Sebagaimana dilansir dari ABCNews, polifenol adalah sejenis antioksidan yang diperkirakan memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Polifenol tercipta secara alami pada tanaman dan merupakan antioksidan dengan kadar yang paling tinggi.

Polifenol memiliki sifat anti-inflamasi, dan para ilmuwan percaya bahwa polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

Vinson menyatakan bahwa hampir semua jenis serealia dan biji-bijian, merupakan sumber polifenol yang paling tinggi.

“Pada awalnya, para peneliti berpikir bahwa serat adalah bahan aktif yang terkandung di dalam biji-bijian, yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner,” kata Vinson.

“Namun kami lalu menemukan bahwa polifenol merupakan sumber antioksidan yang lebih tinggi,” lanjut Vinson.

Vinson dan timnya menemukan bahwa, gandum mengandung antioksidan yang lebih tinggi (per gram), dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran lainnya. Vinson menemukan popcorn sebagai makanan ringan yang memiliki kadar polifenol tertinggi atau sebanyak 2,6% per takaran saji.

Sementara biskuit gandum hanya mengandung polifenol sebanyak 0,45 persen per takaran saji. Namun keripik tortilla yang berbahan dasar jagung, justru mengandung polifenol dengan jumlah yang paling sedikit.

Lebih lanjut Vinson mengatakan bahwa pihaknya tetap menyarankan aneka buah dan sayur untuk lebih banyak dikonsumsi. “Kami selalu berpikir bahwa buah-buahan dan sayur mayur merupakan sumber utama polifenol,” katanya. (Antara/ea)

di kutip dari kabar24.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam