Home » » Bahayanya Radang Gusi

Bahayanya Radang Gusi

Radang Gusi Bisa Bikin Sakit Jantung & Bayi Prematur Semakin banyak karang dan plak gigi yang dimiliki, semakin besar kemungkinan gusi meradang dan berakibat pada sakit jantung atau kelahiran prematur.

Dari hasil kajian yang dikembangkan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, 92% dari 1.791 pengunjung memiliki masalah gigi.

Tanpa penanganan yang tepat, kata Direktur RSGM Soedomo FKG UGM, Ahmad Syaify, kesehatan organ tubuh dapat terganggu.

“Organ tubuh yang terancam dapat bervariasi. Tapi yang paling sering adalah hubungan radang gusi dengan sakit jantung dan kemungkinan ibu hamil melahirkan bayi secara prematur,” ujarnya, Kamis (27/9).

Radang, imbuhnya, merupakan reaksi atau respons tubuh terhadap bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dijelaskan, sebenarnya mulut menyimpan jutaan bakteri. Ada sebagian yang bermanfaat positif dan ada pula yang merugikan.

Namun, tanpa melakukan antisipasi seperti secara rutin menyikat gigi, membersihkan karang dan plak, bakteri jahat dapat bersembunyi di suatu tempat.

Kemudian masuk ke dalam tubuh melalui pembuluh darah serta menyerang organ-organ dalam, baik jantung, organ tubuh lain sampai menempel dinding rahim yang mempengaruhi rahim dan akhirnya mengalami kontraksi dini.

“Dari penelitian IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat) 2010, diketahui memang ada korelasi positif dan signifikan mengenai ibu hamil yang punya masalah gigi dan gusi kemudian melahirkan bayi prematur,” terangnya.

Dekan FKG UGM, Iwa Sutardjo Rus Sudarso mengatakan untuk mengantisipasi hal ini, masyarakat perlu memperhatikan kesehatan gigi. Disisi lain, masyarakat juga jangan sampai termakan dogma-dogma yang salah seperti selama ini.

Misal, ujar dia, masalah menyikat gigi. Perilaku yang dapat membersihkan gigi ialah setelah makan dan sebelum tidur.

“Bukannya menyikat gigi setelah bangun tidur,” kata dia. (JIBI/nj)

di kutip dari kabar24.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam