Home » » Waspadai Gejala - Gejala Hamil Tak Wajar

Waspadai Gejala - Gejala Hamil Tak Wajar

Ada yang mengatakan hamil itu tidak selalu menyenangkan, karena kerap para ibu merasakan gangguan.

Mulai dari gejala ringan hingga yang serius pun bisa saja dialami calon ibu. Namun, tak ada salahnya calon ibu lebih jeli mengamati gejala-gejala kehamilan yang tidak wajar.

Yasmini, dokter spesialis kandungan RSKIA Sadewa mengatakan gejala kehamilan yang perlu dipantau pada setiap trimester memiliki penyulit berbeda-beda.

 “Pada trimester awal biasanya mual dan muntah, ini jangan sampai dibiarkan karena bisa memicu dehidrasi,” ujarnya, Kamis (11/10) di kantornya.

Lebih lanjut, dokter kandungan asal Kulonprogo ini mengatakan gejala flek yang kadang masih selalu dianggap wajar bila terjadi secara periodik dapat mengindikasikan ada pengelupasan plasenta.

 “Pendarahan atau flek merupakan gejala-gejala ke arah keguguran. Pada trimester awal keguguran ini bisa dipertahankan, tapi bila terjadi secara terus-menerus bisa membahayakan ibu,” imbuhnya.

Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan pendarahan. Antara lain karena letak plasenta yang menutup jalan lahir.

“Plasenta ini terlepas dari tempat yang seharusnya. Bisa karena efek trauma atau ibu-ibu dengan tensi yang tinggi, ini bisa membuat pendarahan terjadi,” bebernya.

Gejala lain yang sering dialami ibu hamil juga keram perut. Gejala ini memang wajar pada usia kehamilan tertentu. Namun, Yasmini menegaskan keram perut yang terjadi secara berkala dan disertai rasa nyeri dan flek perlu diwaspadai.

“Bila ada indikasi demikian, misal pada trimester awal dapat mengakibatkan keguguran. Sedangkan bila terjadi pada trimester kedua ke atas bisa mengakibatkan kelahiran prematur,” sambungnya.
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam