Home » » Gejala Bronkitis

Gejala Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran bronkial. Bronkitis diawali pada area hidung atau tenggorokan, kemudian menyebar pada daerah paru-paru. Bronkitis akut adalah salah satu jenis penyakit yang menular, penyebab dari penyakit bronkitis ini adalah virus influenza A dan B, virus pernapasan syncytial, adenovirus, virus flu (coronavirus dan rhinovirus), parainfluenza. 

Penyakit bronkitis jarang disebabkan oleh gas beracun yang dihirup. Bronkitis dapat dilihat dari beberapa gejala, diantaranya batuk, dan infeksi pada saluran pernapasan atas.

Peradangan pada trakea dapat saja terjadi, ini terjadi bersama dengan peradangan bronkus. Kondisi ini sering di istilahkan dengan tracheobronkitis. Umumnya kasus ini terjadi ketika musim dingin. sebelumnya, Anda harus benar-benar dapat mengenali gejala bronkitis dengan baik, ini sangat penting untuk mengetahui cara pengobatan yang baik untuk bronkitis. Berikut ada beberapa penjelasan mengenai gejala bronkitis:

Gejala batuk
Salah satu gejala yang sering muncul dari bronkitis adalah batuk. Batuk yang muncul pertama biasanya batuk kering, batuk ini dapat berubah menjadi batuk yang berlendir atau berdahak. Tentunya kondisi ini akan sangat mengganggu Anda. tanda jika terkena infeksi bakteri dapat dilihat dari dahak yang berwarna kuning kehijauan. Cobalah untuk mengeluarkan dahak sebanyak mungkin, ini sangat membantu mengeluarkan cairan dari paru-paru. Batuk berdahak yang berkepanjangan dapat memperpanjang bronkitis dan memperburuk infeksi. Batuk yang terjadi dapat mengakibatkan sakit tenggorokan, rasa tidak nyaman pada dada, dan kemacetan pada dada ketika sedang batuk.

Gejala pernapasan
Disamping batuk, banyak pasien yang mengeluhkan mengalami sesak napas atau mengi. Kondisi ini akan terlihat jelas ketika melakukan aktivitas fisik atau latihan fisik, rasa lelah akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari Anda dalam menyelesaikan beberapa tugas. Penting sekali untuk mengetahui perkembangan gejala pernapasan. Konsultasikan dengan dokter untuk memahami gejalanya, apakah gejala kronis atau akut.

Gejala seperti flu
Gejala infeksi bronkitis dapat dilihat dari gejala yang mirip flu seperti mengalami demam ringan  102F atau kurang, nyeri tubuh, menggigil, dan mual. Pada beberapa kasus ada yang mengalam refleks muntah ketika sedang batuk.

di kutip dari tipskesehatan.web.id
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam