Home » » Hati Hati Masalah Gusi Pada Ibu Hamil

Hati Hati Masalah Gusi Pada Ibu Hamil

Masalah gusi pada ibu hamil jangan dianggap sepele, karena dampaknya bisa terasa bagi janin yang dikandungnya.

“Ibu hamil yang menderita penyakit gusi perlu diwaspadai, karena bisa berdampak pada janin yang dikandungnya. Masalah yang timbul antara lain bisa membuat bayi lahir prematur, dengan berat badan yang rendah,” kata Hari Sunarto, Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (Iperi) Komisariat Jakarta, Selasa (9/10).

Dia menuturkan ibu hamil sebaiknya mencegah terjadinya karang gigi. Upayakan hal itu tidak terjadi, supaya gigi serta gusi tetap sehat dan bagus. 

“Ibu hamil sering mual, dan muntah yang membuat email gigi erosi dan tergores karena adanya zat asam. Untuk itu perlu memperhatikan gigi dan rajin membersihkannya. Bisa dengan memakai pasta gigi yang disiapkan untuk mengatasi gigi sensitif,” tambah Ratu Mirah Afifah, Professional Relationship Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk.

Dia menambahkan untuk anak-anak juga sebaiknya diperkenalkan kesehatan rongga mulut sejak dini. Misalnya tentang pertumbuhan gigi dan bagaimana merawatnya.

“Jadi anak diajarkan untuk membiasakan diri membersihkan gigi sejak dini. Ketika giginya baru tumbuh dengan melapnya pakai kain yang lembut, agar tetap bersih. Ketika anak sudah bisa menyikat gigi, diajarkan agar jadi suatu kebiasaan,” ungkap Mira dalam media gathering yang diadakan oleh Pepsodent Sensitive Expert di Jakarta.

Hari menambahkan kalau sejak awal anak sudah tahu dan dibiasakan membersihkan gigi dengan benda asing seperti sikat, maka nantinya dia tidak akan rewel.

“Sebaiknya sejak usia enam tahun, anak secara rutin dibawa ke dokter gigi dan diperiksa, agar tetap sehat dan bersih,” ungkap Hari.

di kutip dari kabar24.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam