Home » » Cara Memilih Memory Card dengan Tepat dan Cermat Sebelum Membeli

Cara Memilih Memory Card dengan Tepat dan Cermat Sebelum Membeli

Seiring dengan kemampuan smartphone, kamera digital, dan perangkat gadget terbaru yang semakin meningkat, kebutuhan akan media penyimpanan data file yang besar menjadikan kartu memori (memory card) sebagai suatu kebutuhan dasar yang tak terelakkan. Terlebih lagi buat hp-hp lokal yang biasanya minim dalam kapasitas memori internal, maka kartu memori merupakan sebuah solusi handal yang wajib ada untuk mensupport internal memory yang terbatas. Tapi tahukah sobat bahwa dari berbagai macam kartu memori yang ada ternyata memiliki perbedaan jenis dan spesifikasi unik yang membuatnya berbeda satu sama lain. Nah lo..! baru tau kan?? 

Bagi sobat  yang baru mengenal kartu memori atau sd card dan berniat membelinya, sebaiknya pahami lebih dulu jenis dan spesifikasinya sesuai kebutuhan, mengapa hal ini penting bagi Anda dan perangkat Anda. Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang bekerja di perangkat Anda dan mengapa. Selain itu, Anda harus dapat memilih kartu SD yang tepat untuk hp, kamera, tablet atau apapun gadget Anda dan cara Anda ingin menggunakannya. Tidak lucu kan jika Anda membeli jenis memory card yang salah hanya karena kurang memahami dan kurang cermat dalam memilihnya?!
Nah, sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam memilih kartu memori, Anda akan memberikan sedikit pencerahan mengenai ragam sd card (yang umum beredar saat ini) sehingga Anda terhindar dari kesalahan dan dapat menentukan pilihan, manakah kartu memori yang sesuai dengan tepat dan cermat. Berikut ini penjelasannya..

1. Spesifikasi Jenis SD, SDHC dan SDXC

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengenai jenis memory card yang sesuai dengan gadget atau perangkat bergerak Anda dengan melihat pada gadget tersebut, atau referensi dari buku panduan atau media informasi lainnya (koran, majalah, tabloid, dll). Hal ini untuk menghindari kemungkinan salah membeli type, karena tidak mungkin kita memasang kartu memori yang spesifikasinya tidak sesuai.
Secure Digital Association (SDA) mengembangkan spesifikasi untuk semua kartu SD dan perangkat yang mendukungnya. Untuk menggunakan jenis tertentu kartu SD di kamera, misalnya, produsen kamera harus mematuhi spesifikasi Asosiasi SD itu. Memory card yang beredar saat ini diantaranya yakni jenis SD, SDHC, dan SDXC. Jenis memory card ini tahan pada segala kondisi dan aman jika terjatuh pada ketinggian dibawah 2 meter. Letak perbedaan utama dari ketiganya adalah pada kapasitas penyimpanan masing-masing kartu tersebut:
a.) SD  Card (Secure Digital)
SD card ukuran standar banyak digunakan oleh bermacam vendor gadget yang memerlukan media penyimpanan berkapasitas tinggi seperti kamera, camcorder dan laptop mini. Jenis memori yang paling populer ini memiliki standar tersendiri dibanding memory yang lain. Standar SD Card menggunakan format file bernama FAT16 yang mendukung kapasitas antara 32 MB hingga 2 GB. Memori ini dinamai secure (aman) karena telah memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan media dan telah dilengkapi switch Write-Protected yang berfungsi untuk mencegah penghapusan memori secara tidak sengaja.
b.) SDHC (Secure Digital High Capacity)
SDHC yang dikembangkan oleh SD Card Association ini merupakan pengembangan selanjutnya dari SD card yang meski tidak merubah bentuk dan desain, namun kecepatan kinerjanya telah ditingkatkan. Dengan memakai format file FAT32, kartu jenis SDHC ini memiliki kapasitas mulai dari 2GB hingga maksimum 32 GB. Untuk urusan kompatibilitas, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa apabila perangkat kita telah mampu mendukung memori jenis SDHC, maka ia akan tetap kompatibel dengan memori SD biasa. Namun sebaliknya, jangan gunakan memori SDHC pada perangkat lama yang hanya mampu mengenali memori jenis SD card.
c.) SDXC (Secure Digital Extended Capacity)
Kartu SDXC adalah generasi berikutnya dari pengembangan SDHC yang memiliki kecepatan transfer lebih tinggi dan juga kapasitas lebih besar. Kartu memori SDXC merupakan perangkat penyimpanan pertama di dunia yang memenuhi spesifikasi baru dari versi SD memori card 3.00, dimana maksimum kecepatan menulis hingga 35 MB/s dan kecepatan baca hingga 60 MB/s. Kecepatan ini dikatakan pas bagi mereka yang menggunakan kartu tersebut untuk keperluan merekam video HD dalam durasi panjang. Jadi pada saat merekam video full HD 1920 x 1080, jeda tidak akan terasa. Kartu jenis ini memakai format exFAT (bukan FAT32 atau FAT) dan dapat memuat data dari ukuran 32 GB hingga 2 TB. Tentu saja untuk menggunakan memory card jenis SDXC ini diperlukan perangkat gadget terbaru yang sudah kompatibel. Saat ini kian banyak produk elektronik konsumer seperti kamera digital, camcorder, HDTV, Blu-ray player, ponsel dan GPS yang mendukung SDXC.

Apa arti dari teknologi “Backwards Compatible” pada SD card?

Pendeknya, teknologi SD “backwards compatible” adalah bahwa Anda dapat membeli kamera seperti Nikon D7000 yang kompatibel dengan kartu UHS SDXC-I, dan menggunakan SD card, SDHC atau SDXC di dalamnya. Meskipun kartu-kartu tersebut kapasitasnya lebih kecil dan mungkin kinerjanya lebih lambat dari performa yang Anda dapatkan bila menggunakan kartu UHS SDXC-I, namun Anda masih dapat merekam gambar dan video ke dalam kartu dengan teknologi yang lebih lama.

Hal yang sama berlaku juga pada perangkat SDHC. Anda dapat menggunakan kartu SDHC standar atau SD card yang lebih kecil dari 2GB pada perangkat SDHC tanpa masalah kompatibilitas. Namun, Anda tidak bisa melakukan hal sebaliknya! Kartu SDXC tidak bisa kompatibel dengan perangkat SDHC. Lebih buruk lagi, jika Anda memformat kartu SDXC dalam perangkat SDHC, maka kartu tersebut bukan lagi sebuah kartu SDXC.

Jadi, singkatnya begini :
  • Jika kamera bisa menggunakan kartu SDXC, maka dia juga bisa menggunakan kartu jenis SDHC dan SD card
  • Jika kamera bisa menggunakan kartu SDHC, dia juga bisa menggunakan SD card, tapi tidak dengan SDXC
  • Jika kamera hanya bisa menggunakan kartu SD, gunakan hanya kartu SD – jangan SDHC apalagi SDXC karena mereka tidak kompatibel.

2. Bentuk dan Ukuran Memory Card



Bentuk & ukuran kartu memori
Selain menyebabkan kapasitas kartu memori menjadi semakin besar dan kecepatan semakin meningkat, perkembangan teknologi yang canggih juga menyebabkan bentuk memori menjadi semakin kecil sehingga makin mudah untuk dibawa traveling, disimpan di saku atau media lainnya.

Komparasi SD card-miniSD-microSD
Cek dengan seksama perangkat digital Anda apakah itu menggunakan SD card, Mini SD, Micro SD atau yang lainnya. Saat ini ada 3 faktor bentuk yang berbeda untuk kartu memori yang beredar di pasaran antara lain :
  • SD card standart, kartu SD ukuran standar yang paling umum digunakan untuk kamera digital atau DSLR namun tidak digunakan untuk perangkat hp maupun tablet mengingat besarnya ukuran memori tersebut, yakni sekitar 32 x 24 x 2.1 mm, dengan berat sekitar 2 gr.
  • Mini SD, dengan ukuran kecilnya yang hanya 21.5 x 20 x 1.4 mm memori jenis ini memang cocok untuk dipasang di ponsel atau MP3 player. Namun belakangan ini amat jarang ditemui pada hp-hp keluaran terbaru (smartphone). Bagi yang ingin memakai memori mini SD pada peranti yang memiliki slot SD, maka diperlukan sebuah adapter / converter (biasanya disertakan saat membeli miniSDmicroSD).
  • Micro SD, diciptakan oleh SanDisk Corporation dan mulai diperkenalkan pada bulan Maret 2005 dan mulai dipasarkan di tahun 2006. Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD yakni sekitar 15 x 11 x 1 mm dengan berat 0,5 gram. Dengan ukurannya yang semakin kompak yaitu keping memori yang kecil dan tipis, tetapi kapasitasnya tetap besar, membuat memory micro sd ini semakin populer digunakan pada bermacam perangkat gadget, smartphone, tablet maupun kamera digital. Untuk ukuran yang kecil tersedia adapter / converter sehingga dapat digunakan pada peralatan yang membutuhkan SD card standart (ukuran yang lebih besar).

3. Label Class dan Kecepatan Memory Card

Hal ketiga yang tak kalah pentingnya adalah menentukan kebutuhan akan kecepatan baca tulis dari kartu memori tersebut. Masing-masing perangkat digital memiliki kecepatan transfer data yang berbeda. Cocokkan kecepatan (speed) memory card yang akan dibeli dengan perangkat yang ada. Jika bingung tak perlu sungkan untuk bertanya kepada si penjual. Tujuannya, agar Anda tidak salah membeli kartu memori.
Tingkat kecepatan memory card diklasifikasikan dengan kode-kode berupa angka. Pada setiap SD card dilabeli dengan salah satu peringkat kelas kecepatan. Saat ini untuk kartu memori non UHS dibagi menjadi 4 kelas yang berbeda. Anda akan menemukan nomor kelas kecepatan ditulis di dalam huruf “C” pada label kartu non-UHS. Sementara kartu memori UHS hanya terdiri dari 1 kelas kecepatan. Sebagai pengenal, Anda akan menemukan rating kelas numerik tertulis di dalam huruf “U” pada label kartu.

Untuk kartu UHS dan non-UHS kategorinya seperti tertulis dibawah ini:
  • Class 2 : kecepatan tulis min. 2 MB/s atau kecepatan 13X
  • Class 4 : kecepatan tulis min. 4 MB/s atau kecepatan 26X
  • Class 6 : kecepatan tulis min. 6 MB/s atau kecepatan 30X
  • Class 8 : kecepatan tulis min. 8 MB/s atau kecepatan 40X
  • Class 10 : kecepatan tulis min. 10MB/s atau kecepatan 66X
  • Untuk UHS-1 :kecepatan tulis minimal 10 MB/s
*) Perhatikan bahwa jenis kartu (SD, SDHC atau SDXC) itu berbeda dengan kelas kecepatan kartu (kelas 2, 4, 6, dll).

Kelas kecepatan dibuat dalam rangka untuk memenuhi persyaratan kecepatan konstan untuk keperluan capture video atau merekam video (apalagi bila digunakan untuk merekam video berkualitas HD). Produsen kartu memori bisa saja mengklaim kecepatan data transfer rate-nya lebih tinggi dari batas minimum (tidak seperti standar kelas kecepatan yang tertulis pada label kartu SD) sehingga membingungkan calon pembeli. Sekali lagi jangan bingung, kelas-kelas kecepatan hanyalah persyaratan minimum yang dibuat untuk memudahkan pengguna.
Sebagai contoh, SanDisk dapat membuat kartu yang memiliki kecepatan tulis minimal 15MB/sec tapi tetap saja dia dinamai kartu Class 10 (atau kartu UHS-1 kalau dia berkelas UHS). Tetapi kartu Class 10 akan selalu memiliki kinerja pada standar Class 10, yaitu minimum 10MB/s dan tidak boleh lebih rendah dari itu.
Tapi seringkali angka yang Anda lihat pada kemasan adalah kecepatan maksimal untuk membaca (read speed) dan menulis (write speed) – biasanya kecepatan tulis akan berada di bawahnya. Perlu dicermati bahwa angka disini adalah kecepatan data transfer maksimal (tercepat) yang mampu dicapai oleh kartu tersebut, dengan kondisi koneksi yang optimal (tentu saja sangat tergantung pada kemampuan maksimal dari perangkat yang digunakan).

Kecepatan menulis akan mempengaruhi seberapa cepat sebuah kamera bisa memindahkan data dari prosesor ke kartu SD. Sedangkan kecepatan membaca berpengaruh dalam rangka memindahkan data dari kartu SD ke komputer atau perangkat lain. Ketika proses menyalin gambar, komputer akan “membaca” kartu. Jadi, kecepatan “membaca” maupun “menulis” keduanya sama-sama penting.

Memory SDHC memakai standar baru untuk menyatakan kecepatan yang disebut dengan SD Speed Class Ratings. The speed class ratings, bagaimanapun, sangat penting untuk pengambilan gambar video. Produsen kamera sangat mementingkan tingkat capture video data dan biasanya mereka merekomendasikan kelas SD kecepatan tertentu untuk digunakan saat mengambil video dengan kamera atau camcorder buatan mereka. Untuk gambar diam (foto), lain ceritanya. Jika Anda mengambil gambar diam (dengan kamera sederhana), bahkan dengan kartu SD kelas paling lambat sekalipun, pada akhirnya kamera tetap akan menyimpan gambar ke kartu.

Sesuai kebutuhan, standar Class diartikan kecepatan minimum untuk penulisan data / writing. Dibawah ini kategori nilai minimum untuk kecepatan writing dari SDHC sesuai standar class:
CLASSSPEED

SDHC Speed Class 2.svg Class 2
2 MB/s
SDHC Speed Class 4.svg Class 44 MB/s
SDHC Speed Class 6.svg Class 66 MB/s
SDHC Speed Class 10.svg Class 1010 MB/s

Saat ini, Class 10 adalah memori dengan kecepatan penulisan tertinggi di kelas SDHC. Semakin besar Class Micro SD yang Anda miliki tentunya semakin hebat pula kemampuan kartu itu untuk menghandle berbagai media yang ada. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan class yang tinggi pada ponsel Anda, maka perpindahan data dapat terhandle dengan cepat. Misalnya transfer data dari ponsel ke komputer atau bila Anda menginstal banyak game HD (high definition) dan disimpan di micro SD tentunya game tersebut dapat terbaca dengan mudah, lancar dan cepat serta mengurangi hal-hal semacam hang atau lag.

Contoh lainnya adalah penggunaan kartu memori untuk sebuah kamera DSLR. Terkadang seorang fotografer ingin mengambil banyak gambar secara berurutan. Ini berarti kamera perlu memproses file-file gambar dan menampungnya pada built-in memori atau buffer sehingga kamera dapat memproses lebih banyak foto. Kemampuan sebuah kamera DSLR untuk men-shoot beberapa tembakan sekaligus akan terasa lebih cepat jika disandingkan dengan kartu memori dengan kelas yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan dengan Micro SD (misal) Class 10 memungkinkan kamera untuk menyimpan data gambar pada tingkat kecepatan yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan Micro SD Class 2, 4 atau 6. Dengan kartu memori yang memiliki kelas lebih tinggi, kamera tidak harus berhenti dan menunggu buffer untuk mengosongkan sebelum mengambil gambar kembali, dan membuatnya dapat terus men-shoot.

Mengingat kedepannya akan lebih banyak lagi perangkat digital yang kompatibel dengan memory card SDHC, maka sebelum membeli pastikan lebih dulu perangkat Anda kompatibel dengan SDHC kelas berapa. Jangan sampai kamera digital masa depan mensyaratkan pemakaian SDHC kelas 4 atau kartu yang lebih tinggi untuk merekam video secara optimal, namun yang dibeli adalah SDHC kelas 2. Akibatnya, kamera mungkin tidak dapat mentransfer data dengan cukup cepat ke dalam kartu dan, sebagai akibatnya, akan berhenti merekam video. Atau jika kita memiliki kamera yang men-support video capture, maka sangat disarankan Anda menggunakan SD Card / SDHC / SDXC dengan kelas 6 atau kelas 10, yang memiliki kecepatan write dan read minimum mencapai 6 MB/s dan 10MB/s.

Penting diingat !!! Jangan memaksakan memakai class yang tinggi apabila prosesor hp atau 
perangkat digital Anda tidak mumpuni alias tidak men-supportnya! Sebab tidak tertutup kemungkinan hasil yang didapatkan bukannya lancar tapi justru sebaliknya malah bikin hang atau lag!
Lantas untuk apa tujuannya memakai memory card berkecepatan tinggi? Utamanya tentu adalah untuk peranti perekam video yang memiliki data bit rate yang tinggi (apalagi video beresolusi HD) dan kamera digital yang fitur videonya sudah cukup baik. Namun pemakaian SD card kecepatan tinggi juga cocok untuk pengguna kamera digital resolusi tinggi, termasuk DSLR yang sering dipakai dalam mode continuous shootingburst mode. Mereka akan dapat membidik secara consecutive (urut tanpa henti) momen-momen yang melibatkan gerakan cepat, seperti adegan olahraga.

Jika Anda bukan tipe fotografer yang mengambil foto dalam mode continuous shooting, maka kartu kecepatan tinggi yang mahal tidak akan diperlukan. Namun, jika Anda pernah melewatkan momen penting dikarenakan terlalu lama menunggu kamera Anda untuk “menulis” foto sebelumnya ke kartu memori, maka Anda akan tahu betapa pentingnya kartu memori yang cepat. Inilah pentingnya memahami bedanya kelas kecepatan untuk performa video dan maximum data transfer rates untuk foto. Tidak semua kartu SD Kelas 10 adalah sama ketika berurusan dengan fotografi. Jika Anda sedang mencari kartu tercepat untuk fotografi, Anda perlu melihat peringkat kecepatan “menulis” maksimum (misalnya 45MB/s).

Namun bila pemakaian SD card hanya ditujukan untuk keperluan menyimpan dan memutar musik MP3 player atau menyimpan data pada PDA, maka pemakaian SD card kecepatan standar saja sudah mencukupi.

4. Garansi Kartu Memori

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai garansi yang anda dapatkan ketika membeli kartu memori tersebut. Pastikan Micro sd yang dibeli memiliki garansi resmi. Usahakan membeli kartu memori yang bergaransi seumur hidup (lifetime warranty). Nama-nama beken macam SanDisk, Transcend ataupun V-Gen pastinya menyediakan warranty lifetime sehingga Anda tak terlalu khawatir apabila kartu memori tersebut datanya hilang atau rusak saat digunakan. anda sarankan sebaiknya anda membeli kartu memori bermerk yang dijual dalam kondisi kemasan masih bersegel atau packing utuh. Teliti juga layanan purna jualnya (after sales service) merk yang akan Anda beli.

Berikut ini beberapa faktor kesalahan pemakai yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kartu memori, yaitu :
  • Suhu panas yang berlebih
  • Adanya pengaruh medan magnet yang kuat
  • Kesalahan pada waktu mencabut atau memasukkan memory card kedalam slot memori sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan fisik
  • Kartu memori sering dipindah-pindahkan ke perangkat lain, misalnya dari handphone, kita pasangkan ke tablet, kemudian ke kamera digital, dll
Istilah kerusakan pada kartu memori ini disebut memory corrupt, hal ini terjadi karena rusaknya sistem file (bukan kerusakan fisik). Ciri-cirinya yaitu memori tidak dapat terdeteksi atau memori terdeteksi tetapi tidak bisa dibuka.

5. Sesuaikan Ukuran Memori Dengan Kebutuhan

Hal penting lainnya adalah mengenali terlebih dahulu memory card ini akan dipakai untuk gadget apa, apakah smartphone, MP3 player, tablet, kamera digital, PDA atau lainnya. Setelah itu sesuaikan ukuran besarnya memori yang ingin Anda beli dengan kebutuhan. Maksudnya disini adalah apabila Anda orang yang memang senang menyimpan file-file musik, video ataupun games sudah selayaknya Anda membeli kartu memori yang kapasitasnya cukup besar. Namun apabila anda tidak terlalu banyak menaruh file-file dalam hp ataupun tablet cukuplah kiranya anda membeli kartu memori berukuran kecil. Tak perlu menggunakan kapasitas yang besar sekali (8GB misalnya), sementara anda hanya menggunakan memori tak lebih dari 2GB. Tentu saja ini akan lebih menghemat biaya. Apalagi saat ini smartphone ataupun tablet premium biasanya sudah menyediakan memori internal yang terbilang cukup besar.

6. Faktor Harga dan Merk

Sekarang ini banyak beredar merk dan tipe kartu memori, carilah yang jelas mutu dan kualitasnya. Sektor harga juga perlu menjadi pertimbangan yang serius. Tentunya semakin besar kapasitas penyimpanan dan semakin cepat sd card tersebut harganya akan semakin mahal.

anda tak perlu sungkan untuk membandingkan harga dari satu toko dengan toko lain karena harga kartu memori cenderung fluktuatif. Namun hati-hati, jangan memilih memory card karena teriming-imingi dengan harganya yang murah tapi kualitasnya juga murahan. Pilihlah memory card yang terkenal memiliki performance dan ketahanan baik. Meski harganya lebih mahal, kartu memori bermerk pastinya lebih menjanjikan dalam hal keamanan data (memory corrupt) sehingga anda tak perlu khawatir dalam menyimpan file-file penting dalam kartu memori.

Biasanya merk ternama selalu menyediakan website yang kompeten dan up to date serta mudah diakses. Otomatis, Anda dapat dengan mudah mencari produk yang akan disasar ketika hendak membeli kartu memori. Selain itu adanya website juga menunjukkan bahwa produk dan perusahaan tersebut lebih terpercaya.

Tips Tambahan Membeli Memory Card:
- Ukur kecepatan micro sd Anda setelah membeli, agar tidak tertipu.
- Agar dapat menjalankan fungsi fitur-fitur khusus seperti App2sd, usahakan membeli micro sd dengan rentang class 6 – 10.
- Semakin besar kelas belum tentu semakin baik. Terkadang kelas tinggi kalau tidak cocok dengan perangkat Anda, bukan semakin cepat malah membebani dan membuat kinerjanya lambat.
Khusus untuk pengguna smartphone, tablet, ataupun perangkat sejenis lainnya, letak kunci kestabilan smartphone sebenarnya tidak mutlak pada ukuran memory card yang digunakan, tetapi pada berapa 
sisa ruang memori yang Anda gunakan.
Usahakan sebisa mungkin menyisakan 10% free memory dari total kapasitas kartu memori tersebut. Misalnya dari kartu 4 GB, sisakan minimum sebesar 400 MB. Free memory 10% itu akan digunakan untuk cache dan operating dari read & write kartu tersebut.
Jangan pernah melanggar sisa 10% ini, karena sekali Anda menyisakan free memory kurang dari 10%, maka setelah itu, performance dari memory card tersebut akan turun jauh, walaupun setelah itu free memory telah dikembalikan ke tingkat >10%.
Juga jangan terlalu banyak menyimpan file di memori karena semakin banyak data di dalam microsd akan menyebabkan kecepatan kinerja baca-tulisnya mengalami penurunan. Manfaatkan memori seefisien mungkin sehingga membuat kinerja gadget anda tetap optimal.
Referensi: dari berbagai sumber

untuk lebih detil bisa di lihat di postingan berikut Info Mengenal Lebih Detil Tentang SD CARD
 
di kutip dari http://www.infogadgetterbaru.com
Share this :

+ comments + 209 comments

28 June 2012 at 09:50

saya menggunakan hp sony ericcson aspen, platform windows 6.5 pro. Kemarin saya pakai sandisk, rusak. lalu saya mau coba Vgen, ada iklan http://handphone-aksesoris.tokobagus.com/kartu-memori/micro-sd-v-gen-murah-garansi-seumur-hidup-7852581.html lalu ada kelas 10. apakah kela 10 cocok untuk hp saya? dan maksimal external 16 GB( saya mau beli 8 gb). Thanks.

5 July 2012 at 11:14

menurut saya, untuk jenis hp & OS yang anda gunakan itu, sudah bisa di coba untuk kelas 10, apalagi kalau maksimal memorinya itu 10GB...
jadi tidak ada salahnya untuk mencoba memori card kelas 10, krn pstinya trasa brbda dr kcptn transfernya d bnding kelas d bawahnya..
terima kasih tlah brkunjung di blog ini

9 August 2012 at 21:12

Mantep bgt ni mbahh mksih bgt... btw sy pake samsung galaxy tab2 10.1... rencananya mau pake yg 32gb, tapi masih binun antara sd, sdhc, sama sdxc..sama masih binun nentuin merk... mohon petunjuk mbahhh

9 August 2012 at 21:46

menurut pendapat saya tergantung dari kemampuan sebuah gadget tersebut, tp saya sarankan cukup SDHC saja untuk di gunakan pada samsung galaxy tab nya...
untuk penjelasan lebih lengkap, baca di...

http://ibeimam.blogspot.com/2012/08/info-mengenal-lebih-detail-sd-card.html


terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar di sini..

18 April 2013 at 21:24

info yang sangat membantu sekali..terima kasih ya

23 April 2013 at 23:16

Thanks atas infonya.. saya punya SDHC Ultra 16 GB keluaran Sandisk di HP n Tablet bisa operational dgn baik. Tapi saat dipasang ke PC dengan OS XP ko malah minta diformat ulang, ada driver atau software tambahan ga ya biar SDHC tersebut bisa didetect di OS XP ?

23 April 2013 at 23:20

stau saya tidak ada & seharusnya bisa berjalan dg normal, tp ap tnpa d format kartu memorinya itu ttp gk bsa di detect atau di buka di pc ?
mungkin ada kesalahan input data di kartu memori tsb..

26 April 2013 at 14:14

saya pengguna tablet 7 inc samsung, kalau memori jenis v-gen bagaimana menandakan dia bahwa sdhc? class 10 apa tanda spesifiknya pada kartu memori jenis v-gen?

29 April 2013 at 23:18

@USLAR
jika secara fisik memang agak sulit pada memori vgen untuk dapat mengetahui class brp memori yang kita miliki tsb, tp ad bbrp memori card VGEN yang terdapat di stempel VGEN memori nya,ada angka yang di bulatkan, maka itu merupakan class dari memori card tsb, tp.. kalo memang tdk ada & kita menggunakan HH adnroid, maka gunakan app ini untuk bisa mengetahui class brp memori vgen yng di miliki

http://rizkycandra.mywapblog.com/files/sd-card-speed-test-1-2-i.apk

30 April 2013 at 15:18

saya pengguna blackberry monza 9860, dan memiliki kapasitas maks micro sd 32gb

maka apakah aman untuk memberikan micro sd dengan kapasitas maks atau hanya perlu 16 gb saja....
dan untuk blackberry katanya ada limit dari perangkat untuk read dan write, maka class berapa yang harus saya beli??? terima kasih pak.....

30 April 2013 at 17:27

yang saya tau, apabila suatu gadget atw handset sudah mampu tertera maksimal kartu memori 32GB. maka seharusnya tdk ad mslh bila menggunakan memori sebesar tsb, namun untuk masalah class, nampaknya tdk ad mslh menggunakan class brp saja pd HH BB..
wlwpun memang ad maks speed write & read..
di HH android pun jg memiliki maks speed write & read, namun krn android bsa d oprek atw moddif, maka maksimalnya bsa d ubah..

jd artinya, sbuah produk d kluarkan dg spek yg sudah d rekomendasikan, maka seharusnya tdk akan ad msalah dh penggunaan sesuai spek, selagi menggunakannya dg benar. usahakan bila misal memori 8GB jgn d gunakan full, tp sisakan 1 - 2GB untuk cache & cookie sbuah read & write data.. begitu pula dg kapasitas lainnya..

smoa bermanfaat..

Anonymous
5 May 2013 at 08:09

Thanks infonya gan...

7 May 2013 at 17:36

makasi infonyaaa
mau nanya, kalo sony xperia acro s bisa pake sdhc ga ya ?

11 May 2013 at 10:26

mohon maaf, saya lama dlm membalas komentarnya..

setau saya, blm ad info pasti mengenai penggunaan SDHC pd sony xperia acro s..

yg saya tau, type HH itu, hanya d recomended dg micro sd yg kapasistasnya bisa mencapai 32GB.

thx atas komentarnya, mohon maaf bila jwbn dari saya lama & kurang memuaskan untuk anda..

30 May 2013 at 10:36

gan,ane mau tanya..
Klo nokia e71 itu cocoknya micro sd apa ya ?
Terus yg rentang kelas berapa ya ?

Thx bgt ..
Please reply..

30 May 2013 at 10:43

untuk nokia E71.. di spesifikasi nya, nokia type itu sudah mampu memaksimalkan memori eksternal hingga 8GB tp saya sarankan untuk handset ini, ckup 4GB saja, krn mungkin handset ini tidak seperti handset yg memiliki OS sprti android atau IOS, jd jgn trlalu di paksa maksimalkan bila tdk terlalu perlu

untuk class nya, bisa mencoba yg class 10, tp class 6 jg sudah ckup..
hehe smakin tinggi class akan smakin baik dlm hal read & write data..
tp normalnya memori yg d jual, biasanya class6

smoga membantu

30 May 2013 at 10:47

class 6 itu gak terlalu berat ?

30 May 2013 at 10:50

standart kok.. ane jg pke class 6 untuk android..
hehe

tp emg klo mnurut agan class6 agak berat, y silahkan di coba class 10

30 May 2013 at 11:07

lho bukannya class 10 itu malah bikin hp nge-lag ?
Klo kisaran harga nya kira2 brp ya ?

30 May 2013 at 11:11

yg bkin lag, itu kmampuaj dr HH nya sndri, makanya slain HH dg OS android & IOS, sya blg untuk menggunakan memori d bawah maksimal & ckup class 6.. krn memang stau saya untuk HH yg tdk memiliki OS, trlebih HH nokia, maka untuk media penyimpanannya msh memiliki kelemahan


scara spesifik, smakin tinggi class, maka smakin cepat kemampuan read & write nya, tp.. lihat lg spek HH nya..


klo android, untuk kartu memori dpt di maksimalkan sebaik mungkin, baik besar kapasitas maupun class..

30 May 2013 at 11:59

kira2 harganya berapa ya yg paling bagus ?

30 May 2013 at 13:12

untuk masalah harga, saya kurang tau pasti..

tp bisa di cek di beberapa toko online..


terima kasih

30 May 2013 at 19:56

gan sorry ni ane tanya melulu..
apakah kapasitas microsd itu mempengaruhi classnya ?
Cth klo 4gb nanti classnya 4

30 May 2013 at 19:58

wh setau ane, gk ngaruh gan.. ada kok memori 4GB tp class 6 bahkan class 10..

30 May 2013 at 20:06

itu merknya apa ya ?

30 May 2013 at 20:09

ane biasa beli merek Vgen...
klo classnya biasanya ad tertera di tempelan nya.. ad angka yg di buletin..

tp tu bbrp aj yg biasanya tertera dltnda angka di buletin, yg artinya itu class dari memori tsb..

30 May 2013 at 20:18

lha agan biasanya beli brp ?

Oh ya, klo nokia e71 itu bisa dipasangin memory sdhc gx ?
soalnya q cari di internet itu yg 4gb class 6 adanya memory sdhc aja

30 May 2013 at 20:22

wh ane dh lama bgt beli kartu memori.. trakhir mungkin 2011 atw 2012.. itu ane beli memori 8GB buat android ane, class 6, dlu harganya pas 100rb

tau klo skrg & memori lainnya brp

untuk nokia e71, ehm ane kurang tau pasti gan bsa ap gk pke sdhc..

31 May 2013 at 00:03

Halo bang,saya punya samsung tab note 10.1 n micro sdnya ukuran 8g,pas smpet mindahin to memori ke hp laen trs tak pasang balik...tiba2 memori blank,knp bang?
N cocoknya micro sd tipe apa?tks

31 May 2013 at 10:38

sorry gan baru bales..

klo penggunaan besarnya memori, itu trgantung kebutuhan, klo agan sula simpen data banyak di memori card, maka skalian aj maksimalin jd 32GB class 10 ..

tp itu trgntung kebutuhan y, o iya mslh yg ente alamin, mnurut ane, itu gk smua hp bisa membaca mode storage yg dh di jadiin storage di hp lain..

jd misal di hp android ente itu kartu memorinya dh kepasang, trus suatu waktu, di pindah ke hp lain yg bukan android, malah hp biasa..

maka yg jd, datanya bsa jd brubah corrupt, bahkan nti jd minta di format

saran saya, jgn asal untuk memindah mindahkan kartu memori

krn tiap HH biasanya membuat compatible nya di kartu memori tsb, jd gk bsa asal di pasang di HH lain yg tdk sejenis..

smoga membantu

7 June 2013 at 19:24

misi bang.. anen mau tanya. ane pake bb apolo, bisa gak di pakekan Micro SD UHS-I 16GB. mohn saran gan.

7 June 2013 at 19:32

saya kurang begitu tau pasti mengenai apakah BB dg type tsb dpt di pasang micro sd UHS 1, namun tidak ada salahnya untuk mencoba

terlebih BB type tsb support hingga 32GB y klo tidak salah.

jd bisa bisa saja & tdk ada salahnua mencoba.

8 June 2013 at 20:30

Gan ni ane mw tnya..
Klo micro sd di format
ap itu dapat mnyebabkan kerusakan di micro sd itu sndiri.

8 June 2013 at 20:30

sebuah kartu memori memiliki masa atau batasan pd stiap hapus data atau bahkan format data di sdcard..

sama seperti Flash Disk, yg jg memiliki masa atau batasan untuk format data atau penghapusan data

jd saran saya, bila ingin mengedit, menghapus atau bahkan memformat suatu memori, maka jgn sampai terlalu sering..

krn memiliki masa, jd jgn smpai terlalu sering, smakin sering, maka masa nya akan semakin cepat rusak..

seperti baju, sering di pakai, di cuci & di jemur, maka baju itu akan cpt rusak pula..

9 June 2013 at 02:48

Oke gan thaks bt saranya..
Smoga aj keslahan ane 2x mmformatny. tdak trjdi mslah..
1 lgi gan.. ( supaya ane rada pinter dkit ) Hehe.!!
Kmrin ane bli vgen clas 10. ane pasang d galaxy ace 2 .. Kira2 mampu gk ya gan ni hp ane ksih " tangki " sgtu..?
Maturnuwun

9 June 2013 at 06:32

ow tntu bisa gan.. trgntung sbrp bedar kapasitasnya, klo class, untuk HH yg udh berOS android atw IOS, maka sudah dpt d maksimalkan untuk memorinya, baik class atau kapasitasnya ..

makin besar class, makin bgus gan buat android atw IOS nya

9 June 2013 at 11:08

Okay.
tq bt pencerahanya gan..!!
Wassalam..

11 June 2013 at 07:49

Saya mau tanya gan... saya pakai andromax u yg katanya sangat ketergantungan sama sdcard... saya juga sering restart kalo maen game yg memakai sdcard... yg saya mau tnyakan ... sdcard apa yg ccok untuk hh saya... andromax u sudah suport uhs?

Sebelumnya terimakasih gan udah ngasih pencerahan

13 June 2013 at 16:03

Gan saya mau tanya. Kalo galaxy s4 bagus nya pake class 10 apa class 6 ya? Suka buat maim game juga sih. Thanks before

13 June 2013 at 17:56

saya kurang yakin gan.. hehe
stau saya bisa saja..

13 June 2013 at 17:57

class 10 gan.. itu dh ckup kok.. mkin tinggi class, mkin bgus buat si android..

18 June 2013 at 23:59

Gan ane mau tanya nh. Ane kn pkek hp smartfren andromax. Kok slalu minta msukin krtu memori, pdahal sdh aq msukin memory 2gb. Tlog di bantu y gan.

19 June 2013 at 00:57

wah.. cba cek kartu memori ke pc atw laptop.. apakah terbaca secara normal..?

bila terbaca normal di pc / laptop, maka di coba format kartu memorinya, pastikan bila dpt di backup, backup lah dulu.

setelah format, masukkan kartu memori ke hp & format kartu memori lg lwt hp.

cba test, apakah msh bermasalah ?

bila msh, kmungkinan sistem dr hp ad masalah, maka bisa d coba di flash ulang.

tp bila msh bermasalah jg stlh install ulang / flash ulang, maka kmungkinan ada hardware yg mulai rusak. y bawa ke SC dh..

hehe

20 June 2013 at 15:52

Sore gan.. Mau tanya kalau penggunaan Micro sd yg kapasitas 16gb untuk Andromax u lebih bagus dengan merk apa? Terima kasih..

20 June 2013 at 17:02

kalo menurut ane, merk ap aj gk jauh beda kok..
tp klo mngenai kualitas, coba merk sandisk

25 June 2013 at 23:19

Wah pas bgt...
Ane baru beli SDHC ane agak berat juga soalnya koq harganya mahal.... G tw nya stlh baca2 artikel Ini jd tw ternyata SDHC ane class 10. Pantesan serasa wuss gtu... Cpet gan...
Thanks infonya... Sangat membantu....
Keep posting gan.

1 July 2013 at 18:35

gan< ane baru beli memory card micro sd vgen class 10 kpasitas 16 gb.. pas ane liat hh ane kok 14,6 ya ? tuh knapa ?

1 July 2013 at 18:58

emang bgitu gan..
jadi emg untuk sbuah memori sprti memori card ataupun flashdisk

memiliki ruang penyimpanan sprti

memori temporary, yg brguna untuk sprti recycle bin pd windows

jd makin bsar kapasitas memori, maka makin besar ruang memori temp nya..

cba agan pratiin aj smua memori yg agan beli

2GB misal nya, psti gk akan full 2GB

dst ...

4 July 2013 at 21:14

Gan hp ane pake wp8 kapasitas 64gb ane mo pake yg
16gb class 10 apa gpp ya�� terus kalau pke sdhc kompatibel ga ma hp ane ya? Tanks

4 July 2013 at 22:13

gini gan, biasanya klo HP kluaran baru dg kategori smartphone .. itu dh support SDHC,

klo ingin coba yg 16GB class 10, bisa aj

apalagi klo smartphone android..

11 July 2013 at 06:05

permisi gan, ane baru beli vgen 8gb class 10 buat c3, kira2 cocok nda ya? soalnya aku coba di hp tu normal2 ae, tak coba pke card reader ke pc normal, tpi anehnya pas aku coba pke kabeldata hpnya tu nda kbaca memorinya, pdhal pke kartu laen kbaca, bingung :D

11 July 2013 at 06:10

wah aneh jg y.. kartu memorinya sblm d gunakan, sudah d format di hp nya blm ?

harusnya ch bisa bisa saja..

cba pastiin lg koneksi kabel usb nya itu sudah bnar..
proses pengkoneksiannya jg hrus benar..

kalau trnyta msh blm bisa jg.. ehm saya jg kurang tau gan

krn hrusnye bisa bisa saja

14 July 2013 at 01:39

Mau tnyk nih hp saya xperia mini pro yg cocox memori kelas berapa ya,ukuran nya berapa?

14 July 2013 at 05:18

Gan, mau tanya nih.. hp aku dulu nokia c7. Waktu itu pake vgen 16gb class4. Ok2 aj selama 1th an. Tp ketika ak upgrade 32gb class 4,tiba2 microsd kok ngreject sendiri dan ketika mau di re-insert g detect, ke PC jg g ke detect jg. Akhirnya aku replace di vgen, 2-3bln kemudian ilang lg, kasus sama lg. Trus aku beli Samsung S4, trulang lagi.. for a note ya.. ak g pernah cobat-cabut microSD atopun cabut langsung tanpa safety remove first pas di PC, ada penerangan? Uda ilang data 3x, dari vgen jg g bisa angkat data... jd berpikir mau pindah merk. Sippp.. thanks

19 July 2013 at 22:29

mungkin HH ente itu gk sanggup untuk memori dg kapasitas tsb.. cba di test dh memori yg lbh rendah, apkah msh ilang data jg atw tdk ?

19 July 2013 at 22:29

coba memori 16 GB class nya bisa d coba class 10

20 July 2013 at 07:51

gan kalau mau memory card yang aman dan berkualitas melalui online, situsnya apa gan,

20 July 2013 at 14:07

Gan hp ane samsung glaxy ace plus..itu bsa pke sdhc gk?
Trus klo pke 32 gb gmn y kira2 lemot gk?
Trus merk ap yg direkomendasikan..
Thankz before

20 July 2013 at 14:15

situs yang jual y ? ehm klo untuk memori card, lbh baik ch membeli langsung di lokasi yg terjamin, untuk situs, rata rata harganya mnjadi lbh mahal kalaupun ad, saya kurang tau pasti situa ap saja yg memang menjual memori card

mungkin bisa cba cek di
situs sprti

kliknklik
bhinneka
rakitan

itu situs yg sangat terpercaya mnurut ane, slain itu blm coba bertransaksi di situs slain yg 3 itu

hehe

20 July 2013 at 14:16

mnurut ane harusnya bisa bisa aj gan..

klo untuk merk, ckup vgen saja jg sudah bagus kok

26 July 2013 at 21:45

Klo utk kamera canon eos 600d baiknya pake memory card yg class brp Ya ? Tks untuk bantuannya.

26 July 2013 at 21:48

coba class 10 gan..

31 July 2013 at 14:07

mas, kalo micro sd yg cocok untuk lenovo s890. class dan merknya

31 July 2013 at 18:41

bisa mencoba sandisk SDHC 16 GB atw yg 32 GB

bisa jd Vgen 16GB class 10
Vgen 32GB class 10

2 August 2013 at 18:16

Mas kalo untuk smsung tab 3 yang cocok apa yaa ?
Saya lagi bingung nyari micro sd yang cocok, menurut mas kira" apa yang cocok ya ?

2 August 2013 at 18:20

cob sandisk class 10 dg Kapasitas 16 GB

itu sudah ckup

atau bsa dg merk lain, tp class & kapasitasnya sama sprti class 10 & 16 GB..

2 August 2013 at 20:34

Jika saya memakai 32/64gb, apakah membuat perangkat saya jadi lemot mas ?
Soal,a saya liat spek penyimpanan up to 64gb
Mohon pencerahannya ya mas !

3 August 2013 at 01:43

ow itu gpp kok gan, ane ch cma nyaranin standart nya aj
tp klo agan emg pngen maksimalin micro sd nya.. y silahkan coba skaligus yg 64 GB dg class 10

untuk masalah merk, mungkin yg plg ane saraniny sandisk, krn dr segi ketangguhan, lbh baik dr pd vgen

10 August 2013 at 22:15

Permisi gan hh saya galaxy s4 saya berniat pingin beli memory transcend 32GB yg class 10 ama temen yg jual secara online kira2 menurut agan tu memory udah recommended n bagus plus terjamin gk ya buat hh saya? Buat nyimpan lagu,video,game n beberapa file juga dikit. Makasih

10 August 2013 at 22:21

klo mnurut ane, HH ente itu dh ckup mumpuni untuk gunain memori card 32 GB class 10

merk transend jg ckup bagus, yg prlu d cermati adlh, ktika ente beli nye gan

pastiin produk yg d beli itu baru & asli, biar dpt kualitas yg asli

11 August 2013 at 14:55

Kira2 gan gimana cara bedain yg palsu ama yg asli gan?

11 August 2013 at 22:33

beli di lokasi yg berani memberikan garansi.. sprti contoh di diwantama klo ente tinggal di lokasi yg dkt dr toko diwantama..

atw beli di cantik cellular..

dll dh..

12 August 2013 at 13:34

Saya mau tanya, kalau Samsung Galaxy Young Duos apakah cocok dengan sd card 16gb class 10?

Terimakasih banyak :)

12 August 2013 at 16:45

sore mas..
mau nanya kalo samsung galaxy W it bs make yg SDHC yg Class 10,16Gb gak??

sebelumnya hp (8Gb standar) saya setiap dpake game atau dwnload app it jdii suka ngehang dan terpaksa uninstal ..

12 August 2013 at 16:46

untuk HH android, apabila maksimal kapasitas nya adlh 32 GB, maka sangat mungkin untuk di maksimalkan

jd mnurut ane, untuk HH ente itu bsa aj kok pke 16 GB class 10

untuk HH android itu, smakin tinggi class dr memori card nya, maka smakin baik kinerja nya

beda hal dg HH slain android, trlbh HH yg udh jadul gan..

hehe klo HH yg udh jadul, klo di maksimalin, ad bbrp malah yg jd memperberat kinerja HH

tp beda hal dg android.., jd maksimalin aj gan

12 August 2013 at 16:51

@ saiia_piet

saya saja menggunakan HH galaxy pocket dg memori 8gb, gk prnah ad mslh gan

tmn ane dg HH yg sama dg ane, tp gunain 32 GB class 10 pun.. makin lancar

kapasitas maksimal untuk HH galpock itu 32 GB, d maksimalin, y msh baik baik aj..


klo msh ngehang, itu pstiin dr kondisi HH nya. jg pastiin klo kartu MC ente gk error

krn 8 GB itu hrusnye gk mslh gan, krn HH android skrg dh pd bsa maksimal 16GB ke atas..

& maksimalin MC untuk android, gk masalah

12 August 2013 at 16:53

memory saya ternyata merk.Vgens class 6 yg 8Gb..

kalo d naikin ke yg class 10 yg 16Gb bs gx y??

12 August 2013 at 16:58

@ saiia_piet

ane jg pke 8GB vgen yg class 6..

biasanya memang yg biasa d jual, untuk merj vgen, itu standartnya class 6

nah, klo ente mo nyoba 16 GB class 10, bsa aj kok..

HH ente android kn ?

psti bsa, cba merk sandisk gan, kualitasnya lbh oke

pstiin HH ente gk ad error, jd memori nya bsa maksimal kegunaannya

krn bnyk kok pengguna HH sprti pnya ane galaxy pocket, itu malah pke 32GB class 10..
pd blg lancar aj

ane jg klo pnya rejeki, pngen pke yg 32GB class 10

tp krn blm ad rejeki, jd gunain ap yg ad dlu dh.. hehe

12 August 2013 at 19:21

okee agan..
makasii pencerahannya..

13 August 2013 at 03:53

Mau tanya dong.. hape ane android jelly bean berprosesor 1,2 ghz dan RAM 512 MB.
Rencana mau beli microsd merk BCare class 6 16 gb. Performanya cukup ga kalo buat foto, putar video 720p, sama main game semacam temple run 2? Terus merk bcare gimana gan, belom pernah denger soalnya.
Selama ini pake vgen yg biasa rasanya suka lag kalo main game dan putar video. Terima kasih :)

13 August 2013 at 14:02

Manteb nih inponye, mau nanya dong masalah free mem 10%. Tiap memory kan pasti nggk segede labelnya, misal mem 16 gb kalo dicek capacity pasti kurang dari 16 gb (mis 13,... gb). Nah berarti 10% free mem untuk memory tsb 10% dari 13,... gb atau gimana?

13 August 2013 at 14:21

Maksud ane, apakah memory temporary sudah termasuk untuk cache di dalamnya? Atau kita tetep musti nyediain 10% dari memory yg bisa digunakan (yg 13,... gb)?

13 August 2013 at 16:51

Mau tanya nih, gw bru aja beli memori card merk w stor yg high performance. Nah memory itu buat yab gw galaxy tab 7.0 plus. Cocok ga tuh? Pdahal gw udh dibilang dsuruh klas 10 dah dikasih tau cirinya / sandisk, tp pas gw beli katanya itu klas 10 yaa munkin terhipnotis kali ya. Gmn tuh? Bagus ga ya huat tab gw. Thanks ya gan

13 August 2013 at 23:28

@ Barried Gharizah

klo mslh ngelag pas puter video HD & gaming.. itu gk trlalu pengaruh dr MC.

processor yg gde gk jaminan akan kinerja untuk gaming & puter video HD itu sanggup & lancar..

jd pastiin emg GUI ( graphic user interface ) HH agan itu, emg baik..

o iya, ad bbrp HH yg menggunakan jelly bean, tp trnyta, scara kinerja sprti cacat gan.. jd main game malah gk bsa, super lag dh,... ad yg trnyta lbh baik dg Ginggerbread..

13 August 2013 at 23:32

ow memori cache.. y secara aman memang memori free yg sudah d sediakan dr sistemnya itu sdh ckup untuk memori temporarynya

tp.. y gunakan memori secara bijak, krn untuk sekedar antisipasi saja, jgn memaksakan memori kita untuk di isi full, sisakan beberapa puluh MB

misal memori 16 GB, tp yg dpt d isi 14 GB..

nah kalo bisa kita gunakan maksimalnya 13,5 GB gan

itu hanya untuk antisipasi kinerja memori, smakin bnyk ruang kosong di memori, maka makin baik & maksimal kinerjanya

13 August 2013 at 23:37

@ hana mutia

wh ane baru denger merk yg itu nih, ane kurang tau jg..

iya sbaiknya gunakan merk yg berkualitas, seperti sandisk, vgen, kingston...

dll..

kalo merk yg kurang d kenal, tdk menjamin kualitas, bisa saja tertera high performance, tp trnyta, biasa saja.. krn secara kualitas msh blm trjamin..

sprti biasa, trkadang suatu produk sperti membesar besarkan suatu produknya dg slogan atau apalah yg berlebihan.. pdhl, trnyta gk sepadan dg ap yg d bilang atw di promosikan..

jd mnurut ane, beli yg ber merk & yg asli untuk dptin kualitas terbaik

21 August 2013 at 08:30

Infonya benar" lengkap sekali !

23 August 2013 at 10:37

Saya pengguna galaxy s3 mini. Menurut anda yg bagus untuk s3 mini ini micro sd 16 gb clasa brp ?

23 August 2013 at 10:39

class 10

28 August 2013 at 15:00

kalo buat samsung galaxy ace2 yg bagus berapa GB ??

28 August 2013 at 15:03

coba memori 16GB class 10.. kk ane gunain HH yg sama dg memori 16GB class 10.. lancar aj..

30 August 2013 at 12:05

mas bro ane pake micro sd sandisk ultra class 10 64 gb
tapi write speed nya cuman 7 mb/s, sebenernya hh ane support sampe 32 gb aja tapi ane pasangin 64 gb, trus temen ane pake hh yg sama dipasangin micro sd 8 gb class 6 write speed nya malah sampe 12 mb/s
apa karena ane pake kapasitas yg terlalu besar yah write speed malah jadi lambat.

31 August 2013 at 21:02

klo kapasitas maks nya 32GB, maka bila di paksa melebihi kapasitas maks.. hasilnya akan negatif. bukannya cepat malah lambat..

intinya klo bisa jgn melebihi kapasitas maksimal untuk dpti hasil maksimal

11 September 2013 at 03:32

Mau nanya, d VGen tertera 10142123 itu maksudnya kelas 10?
(d belakang memorynya)
kelas 10 apa kelas 3? Liatnya dr depan apa dr belakang? Soalnya waktu beli penjualnya nanya kelas 10 atau kelas 3.
Saya pake sony xperia e dan memory VGen 8Gb.
Penjelasannya ditunggu. Nuhun :)

16 September 2013 at 14:59

gan saya pake smartfren andromax c ,trus cocoknya class brapa ya ?thanks

19 September 2013 at 08:44

Gan ane pake lenovo a390, bagusnya pake yg 16gb class 10 atau uhs-1?

20 September 2013 at 10:03

coba uhs 1 gan

20 September 2013 at 10:03

bisa coba class 10

24 November 2013 at 10:41

Gan ane pake samsung sII yang punya kapasitas maksimum 16 gb, enaknya pake 16 gb class 10 / 16 gb uhs-1 / 8 gb uhs 1 ? Mohon infonya gan

24 November 2013 at 11:59

gunakan 16GB uhs-1 saja

untuk penyimpanan lbh besar & kemampuan maksimal..

13 December 2013 at 15:18

Wah thankz pencerahannya gan. Cuman mau tanya, gemana yeah cara mengecek kompatibility gadget atau smartphone kita? misalnya neh ane pake Blackberry Bellagio, trus itu kompatible dengan memory kelas berapa, trus udah support SD, SDHC ato SDXC ... ceknya gemana yeah lewat hape? thkx before gann ... kunjungan baliknya ditunggu

23 January 2014 at 09:39

Gan mo nanya,saya kan pakai galaxy note shv-e160l
Pakai memori sandisk 64 gb,kenapa kalau video yang di pindah dari memori internal ke kartu memori jadi corupt ya,.mohon pencerhannya

23 January 2014 at 10:41

smartphone nya support 64GB ?

klo support .. harusnya gk ad masalah

udh d cba blm file yg corrupt itu, di baca di pc/laptop ?

apabila memang tdk bisa terbaca, atw di play, maka ada proses error pada saat pemindahan data dari memori internal ke memori eksternal

klo copy atw pindah file lain apakah ttp corrupt ?

klo memang corrupt

cba format kartu memori

cba gunakan di pc dlu untuk tes copy paste data seprti data multimedia, lalu coba play, apakah masih error ?

klo masih error, bisa ada kemungkinan kartu memori bermasalah

23 January 2014 at 15:00

Support gan,cuma video aja yang korup,
Terus gini gan pas merekam video hd abis ngerekam bisa diputar
Tp pas merekam lagi video sebelumnya yang direkam file nya jadi korup

Gak bisa diputar lagi
Itu kenapa ya gan

Trims atas jawabanya

14 April 2014 at 05:42

bang klo andromax v dulu pernah pake vgen standar kelas 6 4GB tp kok sering lag klo dpake game, klo dganti ama kelas 10 8GB apa support??thanks b4 ^^

14 April 2014 at 20:32

game itu berat enggaknya trgantung dari.. mesin hp nya.. klo android itu

armv7 .. lbh maksimal msin games, apalagi games kualitas HD

trus pengaruh lainnya adlh.. memori ram & cpu..

semakin bsar memori ram & cpu.. mka makin lancar games nya..


kartu memori hanya untuk membantu penyimpanan data games..

makin tinggi class nya. itu hanya membantu untuk load data games.. pengaruhnya tidak akan terasa bila menggunakan smartphone yg trnyata masih armv 6, trus ram nya hanya 512MB. cpu nya hanya 1Ghz

klo mau makin mantab main games.. smartphone nya jg harua yg bagus.. barulah di dukung dg memori class 10.. itu baru berasa..

26 April 2014 at 05:45

gan ane pake Galaxy Note 3... klo ane pasang yg64GB Micro SDXC Extreme Plus UHS-I suport gk ya...?
soal nya rekam video momen dan foto2 lwt Hp. mohon pencerahan nya.

18 November 2014 at 20:58

Kak,Gua kan mau bli SAMSUNG CARD EVO CLASS 10 kalo gak salah,tapi ngangkat gak sama ANDROID saya Ram 1gb UP TO 64 dan sedangkan gua mau bli yang 16 gb. #ACE 3

19 November 2014 at 21:09

bisa kok

makin tinggi class sd card makim bagus

android jaman skrg udh support smpe 32GB bahkan ad yg lebih

saya sendiri gunain 16GN class 10 di android saya

bnyk ngebantu dg memori lbh gde & speed yg baik

6 December 2014 at 14:08

Gan kalo ace 3 itu cocok pake apa gan?

10 January 2015 at 20:40

Bro mo nanya kalau buat samsung galaxy s4 memory SanDisk 32gb microSDHC UHS-I EXTREME, cocok gk ya? And lg kecepatan sebenarnya SanDisk extreme itu brp sich? Ada yg blg 45MB/s, ada yg blg 60MB/s, ada yg bkg 80MB/s ?

10 January 2015 at 20:48

untuk saat ini. smartphone android udh pada canggih gan. memori eksternal udh support up to 32GB, meskipun ente maksimalin dg kartu memori 32GB. kinerja smartphone android ente gk jd makin lemot. malah cukup membantu kinerja read data. di tambah kartu memori yg ente pilih.

kalo setau ane, memori yg ente maksud. itu speednya up to 45MB/s

lmyn gan buat ngegame. bkin lancar baca data, klo speed kartu memorinya mantab

13 January 2015 at 14:15

Masalahnya sy lihat tampilan gbrnya sama tp penjelasan masing2 retailer beda2 and hrgnya bervariasi sesuai claim masing2 retailer maaf sy sebut situs yg sy akses itu l@z@d*.com. yg meng claim 45MB/s lebih murah dari yg meng claim 60MB/s dan yg meng claim 80MB/s mematok hrg yg lebih tinggi dari yg dibwahnya. Sy jd bingung apa bnr ada berbeda2 atau itu hny trik si retailer sj. Gmn itu bro?

13 January 2015 at 14:20

mungkin itu beda type gan. krn stau saya uhs -1 atau class 10. speednya itu 45MB. itupun setau saya up to. krn tidak selalu semua proses writenya secepat itu. jd menurut saya. mungkin di coba yang standart saja

karena memang di atas yg speed 45MB. msh ada yang type extreme. itu speed bisa lbh dari 45MB. cuma memang saya kurang tau pasti speed untuk yg extreme pastinya brp.

ya kalau saya hanya gunakan 16GB uhs-1 juga sudah cukup. hehe

13 January 2015 at 15:26

Yg sy lihat itu yg extreme gan. Di memory mya tertera extreme UHS 1

13 January 2015 at 15:30

jadi gini gan

untuk type extreme uhs -1

speed read nya 60MB
speed writenya 40MB

tp itu semua up to

trgntung dari penggunaannya sprti apa

13 January 2015 at 18:03

Sip gan. Rencana buat game sih yg utama, thanks a lot brotha..

13 January 2015 at 20:01

Sip gan. Thanks infonya bro

29 January 2015 at 02:57

Gan numpang tanya, kenapa vgen saya 8gb tiba2 rusak. Padahal baru blum pernah d bongkar pasang jg. Hape saya andromax c3
Udah saya otak atik ngikutin mbah google tetep aja error gak bs d buka gak bs d format jg
Apa solusinya gan? Atau ada rekomendasi sd card buat andromax .
Thx

29 January 2015 at 04:09

hemm sejauh ini saya salah 1 pengguna memory card merk VGEN lho. bahkan sudah lebih dari 5 tahun, tidak mengalami masalah. kemungkinan memory card yg agan beli itu klo gk cacat, berarti palsu. pastiin agan beli di tempat terpercaya, yg bisa claim garansi kalo rusak. kn aneh jg, masih baru udh rusak. menurut saya VGEN trmasuk merk yg cukup baik. selain VGEN, yg sedikit di atasnya ada sandisk & kingston, juga toshiba & HP.

21 February 2015 at 09:37

Ready micro sd class 10 at www.KiosAksesorisHp.com

5 April 2015 at 06:37

Saya mau nanya, hp saya samsung galaxy prime memori eksternalnya up to 64gb. Saya ingin beli yg 32gb. Menurut agan gmna? Dan juga saya harus membeli yg SD/SDXC/SDHC?

6 April 2015 at 01:17

Gan untuk lenovo s920 ccok dgn micro sd yang 16 atau 32gb gak?

14 April 2015 at 07:27

aku mau tanya..
Klo hp andro oppo joy itu cocoknya micro sd apa ya ?
Terus yg rentang kelas berapa ya ?

Thx bgt ..
Please reply..

14 April 2015 at 10:13

Kenapa ya mas bro kalau memilih yang 32GB ke atas sering hang ya? Makanya saya selalu beli yang maksimal 16GB saja. Khusus merek tertentu juga?

mampir: kartu micro sd

16 April 2015 at 08:53

Klu buat sony Pj240e supaya gak lemot pingin memori card yang bagus dan paling besar brp GB?

16 April 2015 at 08:53

Klu buat sony Pj240e supaya gak lemot pingin memori card yang bagus dan paling besar brp GB?

16 April 2015 at 10:05

sdhc aja, yg 16 atau 32GB jg ckup, klo bisa yg setara class 1. biar lbh mantab performanya

16 April 2015 at 10:07

maksimal 32GB. tp klo 16GB ckup, knp hrus lbh gde.. hehe di gunakan sesuai kebutuhan aj ya

16 April 2015 at 10:11

oppo joy. ane saranin ckup 16GB SDHC gan. klo merk mungkin bisa di coba sandisk, vgen. atau jg samsung.

16 April 2015 at 10:12

sebenarnya tergantung dr spesifikasi hp agan. klo up to 32GB, berarti maksimal segitu. tp tdk recomended. krn mungkin ada bbrp hp yg ternyata lbh baik di bawah dari batasannya. mungkin agan coba 16GB aj

16 April 2015 at 10:16

bnyk compatible nya gan.. mau SDHC, SDXC.. bsa kok

ukuran kapasitas.. 16GB lah ckup.

atau 32GB class 1. jg bgus gan. trgantung kebutuhan lah

19 April 2015 at 10:19

PROMO BESAR- BESARAN DARI SANI SARTIKA UNTUK 2015 BERBAGAI TIPE HANPHONE SEPERTI Bila berminat silahkan untuk konfirmasi pemesanan silahkan hubungi:0816 597476 VIA PIN BBM 264093EF BlackBerry>Samsung>Smartfren.
>Sony>Nokia>Apple>Acer>Canon>Dell>Nikon>DLL
Ready Stock !Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp. 1.000.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 8.9, 16GB - Pure WhiT Rp. 1.600.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 7.7 Super AMOLED Plus Rp.1.500,000
Ready Stock !Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.700.000
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 1.000.000
Ready Stock !Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si Rp.1.500.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.700.000
Ready Stock !Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.500.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus Rp. 1.000.000.
Ready Stock !BlackBerry 9380 Orlando - Black Rp.900.000,-
Ready Stock !BlackBerry Curve 8520 Gemini Rp.500.000,-
Ready Stock !BlackBerry Bold 9780 Onyx 2 Rp.800.000,-
Ready Stock !Blackberry Curve 9320 Rp.700.000,-
Ready Stock !BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.1.500.000,
Ready Stock !Blackberry Torch 9800 Rp.1.200.000,
Ready Stock !Blackberry bellagio 9790 Rp.1.100.000
Ready Stock !BlackBerry Curve 9220 Davis Rp.650.000,-
Ready Stock !BlackBerry Torch 2 9810 Jennings Rp. 1.350.000,-
Ready Stock !BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000,-
Ready Stock !Blackberry Monza 9860 Rp.1.400.000,-
Ready Stock !Blackberry Keppler 9300 Curve 3GRp.700.000,

25 April 2015 at 19:45

mau tanya hp ane kan sony xperia m2 kasitasnya max 32 gb, ini mau saya kasih memori 32 gb gimana ya gan. soalnya saya dah punya 32 gb class 10 apa sbaiknya dipake ato beli yg dibawahnya. mohon pencerahannya????

26 April 2015 at 13:44

seharusnya support gan di 32GB. kalau tidak support berarti ada masalah dg FW smartphone agan

yg perlu di perhatikan. dg canggihnya teknologi smartphone jaman sekarang. memori card klo tercantum di spesifikasi up to 32GB. maka seharusnya bisa di optimalkan. bukan di rendahkan.

kalau tidak mampu di optimalkan. perlu di pertanyakan produknya bermasalah di softwarenya atau mungkin cacat produksi

17 May 2015 at 12:07

Memori yg cocok buat samsung grand

15 June 2015 at 01:26

Gan mau nanya samsung galaxy grand prime up to ( sampe berapa Giga ? )
Terus merk sandisk atau samsung ?
Class berapa gan ?

Ane juga sering pake buat foto sama video gan ....

Terus samsung Grand Prime punya ane support SDHC atau SDXC gan ?
Kalo harga ga usah masalah gan ...
Hehehe .... #mendingpunyaduit
#siapabilang
Pakenya apa : sd card, mini sd, micro sd. Gan ?

Ane bingut banget gan .....
Jd - ucing ala ebi 2x ... lalala 2x...

Plis jawab gan ....

15 June 2015 at 05:30

@siera sport

kalau dr info spesifikasi yg ane tau. galaxy grand prime support micro sd up to 64GB

tapi ya mungkin menurut ane, ente cukup gunain

micro sdhc class 10 atau micro sdhc uhs 1, dengan kapasitas 32GB

17 June 2015 at 08:02

Misi mimin. Ane mau tanya,..
Ane pake hp samsung core 1, terus buat memorySd nya ininternal 8G, dan buat external 32G... kalo ane peke 16G externalnya bisa ngga ya? Sblmnya ane dah pake 8G tapi selalu minta format gtu akhirnya ane buang aja memorynya.... :v
Minta sarannya please...

19 June 2015 at 03:34

@rispa

setau saya, smartphone android saat ini sudah support memory card up to 32GB

saya sendiri gunakan 32GB memory card di android saya

kalau untuk memory yg minta format terus, pastikan memory nya memang original & baru.

kalau memory nya original, step yg dilakukan sebelum di gunakan adalah di format di smartphone dulu

baru setelah itu di isikan data.

seharusnya dengan step itu, kartu memory tidak akan ada masalah. tapi kalau masih bermasalah seperti minta format terus. bisa kemungkinan memory nya sudah error.

25 June 2015 at 14:45

mas ibe saya punya samsung galaxyE5 dg memori eksternal micro SD upto 64GB menurut mas ibe jenis memori eksternal apakah yg harus saya pakai dg kapasitas maksimal berapa GB kah? terimakasih sebelumnya atas sarannya

25 June 2015 at 19:20

kalau menurut saya untuk galaxy E5. di sesuaikan saja dengan kebutuhan agan.

kalau saya lebih memilih di maximalkan, tapi mengingat harga yg di keluarkan cukup besar. saya rasa 32GB jg tidak masalah. hehe

saya sarankan pilih micro sdhc atau micro sd class 10.

sedangkan untuk size nya, bebas, mau 32 atau 64.

saya sendiri dengan smartphone memory card up to 32GB, saya gunakan 32GB, tidak bermasalah sama sekali.

setiap membeli memory card, pastikan yg di beli itu original, di beli di tempat terpercaya, masih segel juga & dg merk yg jelas.

21 July 2015 at 07:41

Mas ibe, hp saya samsung galaxy grand prime memori external microSD up to 64 GB. Tipe, class & ukuran microSD apa dan brp ya yg cocok dipasang di hp saya (utk penyimpanan file2, foto, aplikasi)? Terimakasih

21 July 2015 at 07:51

gunakan micro sd class 10 atau SDHC untuk speed terbaik, dengan kapasitas 32GB.

sudah cukup & optimal.

21 July 2015 at 11:06

Mas ibe mw tanya klo bwt samsung mega 2 G750 yg memori eksternalnya up to 64 menurut mas klo beli memori tipe class brp dan ukuran brp yg cocok?? Yg sdhc atau yg sd sebaiknya?? Trimakasih

21 July 2015 at 11:08

bisa gunakan micro SDHC 32GB

27 November 2015 at 08:17

Mas ibe saya kan pakai hp samsung galaxy a5 memory yg digunakan berapa gb yg cocok? Apa 32gb gpp? Terus bisa kasih saran gak tempat yg jual memory terpercaya?

28 November 2015 at 12:28

@retno

bisa saja gunakan micro SD XDHC class 10 dengan kapasitas 32GB

untuk brand seperti samsung. sangat dpt di optimalkan pemakaian memory eksternal nya. jadi saya rekomendasikan dg memory tersebut.

kalau dari segi merk micro SD. bisa gunakan sandisk, toshiba, HP, samsung.

kalau toko offline yg terpercaya saya kurang banyak tau. tapi kalau di lokasi ente ada toko cantik celular.. nah itu cukup terpercaya.
kalo toko online, bisa coba elevenia & tokopedia. pastiin testimoni nya bagus & barang terjamin original

15 January 2016 at 22:51

Gan saya pakai hp sony xperia m4 aqua..
Tulisan di hpnya sih up to 32..
Rekomendasi kartu eksternal buat hp saya yang cocok ukuran berapa ya gan.??

sama satu lagi.. lebih bagus pakai yang tipe SDHC, atau SDXC..
Mohon tanggapannya..
Terimakasih..

5 February 2016 at 22:32

Mamfaat banget gan, makasih

28 February 2016 at 07:22

Gan mau tanya dong rekomendasi kartu eksternal buat hp samsung galaxy j1 apa ya?

28 February 2016 at 07:24

Gan mau tanya dong rekomendasi kartu eksternal buat hp samsung galaxy j1 apa ya?

28 February 2016 at 07:32

@rahma

kalau untuk galaxy J1. bisa gunain

sandisk SDHC class 10 dengan kapasitas 16GB.

kalau untuk kartu memori eksternal. ane lebih recomended ke merk sandisk. untuk kecepatannya ane recomended yang seri class 10 minimal nya. terus kapasitas ane recomended cukup 16GB.

3 March 2016 at 22:45

sy pake camera canon dslr dgn slot untuk sd card.. lebih baik pake memory sd card atau micro sd dgn adapter sd card? keduanya dgn class & kecepatan write/read yg sama.. sy pengennya pake yg micro sd biar lebih fleksible dipake di gadget lain.. tp mohon saran terbaiknya dr anda.. tks anyway..

3 March 2016 at 23:00

kalau menurut saya itu semua tergantung kebutuhan saja. mau dg yang non adapter atau dengan adapter sama saja.

kalau saya lebih menyarankan untuk gunakan yang dengan adapter. karena akan lebih banyak kegunaannya.

25 March 2016 at 17:35

Hi mau tanya nih kl tempat untuk beli sd card ori kaya sanDisk didaerah jkt itu sebelah mana ya??? Thankyouuu

4 April 2016 at 15:46

mau tanya klo untuk hp oppo joy r1001 cocoknya pakai kartu memori apa ya ?

4 April 2016 at 18:36

@irwani

bisa gunakan sandisk 32GB class 10

5 April 2016 at 08:37

@ibe imam
itu gak kebesaran kapasitasnya ? takutnya jadi malah lemot gan ..

5 April 2016 at 08:43

@irwani

kapasitas maksimal dari smartphone yg agan infokan. itu memiliki kapasitas hingga 32GB. di masa smartphone yg sudah makin canggih. tdk ada masalah lemot jika memory eksternal di maksimalkan. namun akan berbeda jika di paksa melebihi kapasitas maksimalnya. tentu itu baru yg akan membuat smartphone jd bermasalah dalam membaca data.

jadi kalau agan butuh memaksimalkan smartphonenya. dapat mencoba memory dg kapasitas 32GB class 10. nah kalaupun ingin cukup dg 16GB itupun tdk masalah. selama tetap dg speed class 10. atau dapat coba sandisk extreme version.

kartu memori itu jika semakin cepat dalam proses read & write. tentunya akan banyak membantu kinerja smartphone dalam memproses sebuah data dari kartu memory ke dalam proses smartphone.

pastikan beli produk yg berkualitas & original gan. jaman skrg banyak yg palsu produknya.

jd beli di agen terpercaya. kalaupun beli online, pastikan dulu track record penjualnya untuk produk tsb.

smoga ckup membantu.

5 April 2016 at 08:53

@ibe imam
sipp gan thanks atas sarannya :D

5 April 2016 at 19:01

apakah untuk samsung s7 vgen turbo 64gb cukup baik atau ada samsung evo plus 64 gb lebih baik? terima kasih sarannya

5 April 2016 at 19:03

kalau kdua nya sama sama original. kalau saya akan lbh memilih brand samsung.

15 April 2016 at 10:12

Jangan kawatir dengan memory vgen. Setau saya, memory vgen menggunakan chip asli dari samsung. Vgen sudah bekerja sama dengan samsung. Jd untuk memilih memory di andoid, disarankan class10

15 June 2016 at 14:46

Mau bertanya gan
Untuk hp HUAWEI Ascend Y330 pake memory 32gb masalah atau gk gan?Sebelumnya ane pake yg 8gb...
Mengenai kelas, sy gk tau memory sya kelas brp, intinya sya pake gk ada problem...

Ditunggu blz an nya gan :)

15 June 2016 at 19:21

@putra andika

sebenarnya untuk maksimum memory eksternal yg dapat di gunakan, dapat di cek di berbagai situs seperti gsmarena .. untuk smartphone di zaman sekarang, tidak masalah di maksimalkan penggunaan memorynya. jika maksimal 32GB. maka seharusnya tidak menjadi masalah jika di gunakan dengan memory 32GB. utamakan memory card yg high speed & original. agar smartphone semakin optimal

16 June 2016 at 04:13

@ibe imam

Thx gan infonya, otw beli memory 32gb nih :v

9 July 2016 at 19:03

Gan ane mau nanya,, UHS-1 itu lbh bagus atau Standar yah?? Di jls kan min

9 July 2016 at 19:10

Gan ane mau nanya,, UHS-1 itu lbh bagus atau Standar yah?? Di jls kan min

9 July 2016 at 20:32

@darma

uhs-1 (ultra high speed 1) itu setara dg class 10.

uhs itu biasa istilah pada memory sandisk.

untuk standart penggunaan memory card. class 10 atau uhs-1 sudah cukup baik.

jika ingin lebih lagi. dapat mencoba sandisk extreme.

16 August 2016 at 16:19

Gan mau tanya dong...
Rekomendasi kartu eksternal buat hp asus zenfone 5 t00f apa ya?

21 August 2016 at 10:23

Gan, sebelumnya saya sangat2 berterimakasih atas ulasan yg sangat membantu ini, namun saya butuh rekomendasi dan saran utk perangkat saya, saya memakai Oppo Find7 dgn RAM 3gb, rom 32 GB,proc. Qualcomm quadcore,
Untuk memory external yg akan saya pakai bagusnya tipe apa,merek apa, dan kapasitas berapa ya gan ? Mohon bantuannya gan. Thanks😁

21 August 2016 at 10:26

@arif .. agan bisa coba memory sandisk class 10 dg kapasitas 32GB. jika ingin lbh mantab lagi. bisa coba sandisk extreme 32GB. ane saranin minimal memory dg merk sandisk. karena memang brand tsb trmasuk yang cukup stabil di gunakan & cukup terpercaya.

21 August 2016 at 10:28

@anggara.. menurut saya baiknya gunakan sandisk class 10 dg kapasitas 32GB saja. atau jika kapasitas tsb terlalu besar. dapat gunakan kapasitas 16GB atau lainnya. yang terpenting menggunakan class 10.

jika ingin lebih bagus lagi speed read & write nya. gunakan sandisk extreme.

9 September 2016 at 06:59

Halo, mau tanya dong. Kalau kapasitas maksimum memori external HP 32GB trus dipakai 64GB apa yang terjadi? Saya termasuk orang yang butuh penyimpanan besar.

9 September 2016 at 07:19

bila kapasitas memory eksternal di batasi hingga 32GB. itu adalah batas aman nya di gunakan. artinya jika kapasitas memory di paksakan hingga melebihi 32GB seperti 64GB. maka gadget tersebut berpotensi terjadi beberapa kendala. seperti dari mulai kartu memori tidak terdeteksi karena melebihi batas aman. lalu gadget menjadi lambat kinerja dalam membaca kartu memori, terlebih apabila kartu memory 64GB nya itu sudah hampir penuh. lalu juga dapat terjadi gadget akan hang atau dapat restart terus selama menggunakan kapasitas memory yg melebihi ambang batas keamanan.

28 September 2016 at 19:45

Salam kenal nih mas..,mo nanya Hp sy redmi note 3 pro 32 Snapdragon dan sy ingin pasang kartu memory 64gb, kira2 cocok memory card jenis yg mn y..? Trima kasih sebelumnya..😀

28 September 2016 at 19:47

Salam kenal nih mas..,mo nanya Hp sy redmi note 3 pro 32 Snapdragon dan sy ingin pasang kartu memory 64gb, kira2 cocok memory card jenis yg mn y..? Trima kasih sebelumnya..😀

1 October 2016 at 10:50

@haryoko

untuk hh agan. bisa agan coba micro sd class 10 nya sandisk. atau bisa coba sandisk extreme klo ente butuh buat ngegame jg yg dmna data game nya tersimpan di micro sd.

semakin cepat read & write micro sd. maka makin bagus untuk hh. tinggal pastiin kapasitas micro sd nya gk melebihi dari kemampuan hh

9 October 2016 at 07:27

Kak tolong bantu,aku baru aja beli kartu sd 8gb merk samsung class 10. Tapi kenapa foto tidak bisa tampil jadi hitam data juga suka hilang tiba tiba. Itu kenapa yah ?

9 October 2016 at 07:29

Kak tolong bantu,aku baru aja beli kartu sd 8gb merk samsung class 10. Tapi kenapa foto tidak bisa tampil jadi hitam data juga suka hilang tiba tiba. Itu kenapa yah ?

9 October 2016 at 07:29

@nurul

apakah waktu pertama beli kondisinya normal ?

atau dari awal beli sudah error ?

jika dari awal sudah error. bisa kemungkinan ada masalah dg kartu memory nya. bisa juga faktor non original.

coba di backup di komputer terlebih dahulu data datanya. lalu format kartu memory tersebut di komputer dg format type fat32.

selanjutnya jangan di isi data dulu. masukkan ke hp.
di hp juga format kembali kartu memory nya

setelah itu. baru isikan data dari backupan tadi.

nah kalau semua cara itu sudah di lakukan. ternyata masih error juga. berarti dapat di pastikan kartu memory nya rusak.

9 October 2016 at 08:58

Udah bisa lagi makasih

4 November 2016 at 02:51

Slm kenal om. Kmrn sy mencari kartu memori utk samsung tab 3 V. Si penjual menawarkan kpd sy 2 buah kartu memori yaitu Vgen 32 Gb class 10 speed 85 dan Sandisk 32 Gb class 10 speed 48. Kedua memori itu diberi hrg yg sm 180 rb. Akhirnya sy pilih vgen, dgn pertimbangan speed yg mumpuni. Pertanyaan sy, apakah memori vgen 32 Gb speed 85 adalah keluaran produk thn 2016 atau barang itu adalah barang keluaran lama? Apakah memori vgen yg sy beli itu benar asli alias sesuai dgn speknya? Apakah memori tsbt kompatible dgn samsung tab 3 V? Apakah memori tsbt cukup stabil utk digunakan di samsung tab 3 V? Brp batas maksimal memori eks. Utk samsung tab 3 v? Sementara pertanyaan sy sampai disini dulu. Trima kasih om.

4 November 2016 at 06:28

@arya

- iya memory vgen dengan speed up to 85 mbps itu vgen turbo class 10. memang belum lama rilis.

- untuk samsung tab v3 dapat menggunakan memory card hingga 32GB.

- terkait penggunaan memory card vgen turbo class 10 di samsung tab v3. seharusnya cukup baik di gunakan.

- terkait asli atau tidaknya. yang saya tau hologram di balik memory card memang layaknya hologram. lalu di sisi atas memory biasanya memuat class dari memory tsb yang di lingkari.

6 November 2016 at 10:06

trima ksh om, sdh menjawab pertanyaan sy. oh ya om, sy mau tanya kmbali, bgmn cara memindahkan data mmc samsung tab3 sebesar 2 gb ke 32 gb? apakah ada cara khusus dlm memindahkan aplikasi dan data yg ada di mmc tsbt ke mmc yg baru sebelum ditaruh ke samsung tab3? Mengingat kapasitas tablet 8 gb sdh tidak dpt menampung mmc tsbt. trima ksh.

6 November 2016 at 10:20

@arya

sebelum lakukan pergantian kartu memory dari lama ke baru.

format kartu memory baru ke type fat32 via pc, lalu lakukan copy paste all data & folder yang terdapat pada memory card lama.

setelah selesai. coba masukkan kartu memory baru ke smartphone.

cek apakah ada kendala dalam pembacaan datanya atau tidak dengan app sejenis file explorer atau file manajer.

jika data sudah terbaca. maka seharusnya sudah normal dan dapat di gunakan.

8 November 2016 at 23:43

Ka aku mau tnya ,aku pke memory sandisk 32gb yg speed nya 80mb/s untk action cam, trus pas aku pndhin khp smsung J5 tp pas play video ny ga tampil hanya suara aja pdhal J5 suport smpe 64gb trus aku coba ke notebook video nya tampil tpi d play nglag gitu .. itu knpa yh .. tolong bntu jwab ka .mksih .

11 November 2016 at 06:16

@dessy... video hasil rekam pada action cam. itu biasanya frame per second nya cukup besar & juga resolusi dari video tersebut sangat besar. untuk ukuran smartphone saat ini. rata rata masih belum sanggup untuk langsung play video asli dari action cam, terlebih videonya di setting standart atau bahkan settingan maksimal pada action cam.

begitu pula bila hasil asli video dari action cam di play pada notebook, itu kembali lagi pada kemampuan notebooknya, sanggung play video hingga resolusi berapa & dengan berapa frame per second.

biasanya hasil pada video action cam. perlu di convert atau di resize sesuai dengan size video yg dpt di play pada smartphone atau lainnya.

16 November 2016 at 02:33

@ibe imam . Oh gitu y ka jdi bukan masalah dri memory card nya ya .. jdi msalah.y di resolusi yg terlalu tinggi ..iya sih aku pke resolusi 4k . Ok mksih kaa infonya :)

28 November 2016 at 07:13

Pagi kak,
Mau minta saranya, aku rencana mau beli memori card buat hp oppo joy 3,bagusnya memori card yg kapasitasnya berapa Gb?
Soalnya, aku masih bingung. Hehehee
Terima Kasih

28 November 2016 at 07:27

untuk hp oppo joy 3. cukup menggunakan memory 16GB atau 32GB. dengan class 10 untuk speednya

29 November 2016 at 21:47

Gan mau tanya , kalau hp samsung j2 bagusnya pakai memori card 16 gb atau 32gb dan bakalan ngelag gak gan ? Tolong sarannya gan

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam