Home » » Awas, Jebakan Facebook Verification!

Awas, Jebakan Facebook Verification!

Facebook kembali mendapat serangan scam. Menurut antivirus ESET, serangan kali ini memanfaatkan notifikasi dari teman-teman yang ada di Facebook. Notifikasi tersebut bahkan menggunakan kata-kata yang cukup meyakinkan, “Facebook Verification (Urgent!!)”.
Pengguna yang terjebak lantas akan diarahkan menuju sebuah link situs yang akan meminta Anda untuk melakukan verifikasi akun Facebook. Padahal verifikasi yang dimaksud adalah palsu.
Jika diperhatikan dengan seksama, dalam notifikasi tersebut terdapat pemberitahuan yang mengharuskan pemilik akun melakukan verifikasi sebelum tanggal 15 Juni 2012.
Untuk lebih meyakinkan korbannya lagi, notifikasi tersebut juga menyebutkan asalannya, yaitu untuk menghindari ancaman scam di bawah aturan SOPA dan PIPA. Lebih detail lagi, Anda juga akan menemukan sebuah counter hit dengan jumlah pengunjung yang mengakses link situs tersebut.
Cybercrimedalam bentuk scam sekarang ini sedang naik ke permukaan dunia maya, muncul di waktu dan tempat yang tidak terduga, bisa di email, banner di website, maupun pop up. Oleh sebab itu dituntut kewaspadaan dari para pengguna untuk tidak terburu-buru mengklik sesuatu yang terlihat menarik, tetapi tidak jelas pengirimnya,”  jelas Yudhi Kukuh (Technical Consultant PT Prosperita-ESET, Indonesia)..
Lalu benarkah Facebook melakukan verifikasi?
Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa verifikasi Facebook hanya melalui 2 hal, yaitu Email dan Telephone.
Ada dua hal yang harus dilakukan untuk menghindari scam tersebut:
  1. Jika Anda mendapatkan notikasi SCAM tersebut sebaiknya dihindari dan jangan diklik.
  2. Jika Anda sudah terlanjur mengklik, sebaiknya langsung tutup browser Anda.
Sementara itu, menurut Yudhi, bagi pengguna yang terlanjur terkena serangan scam tersebut, lakukan setidaknya satu langkah berikut:
  • Ganti password Facebook dan password email yang terdaftar, karena sudah menjadi kebiasaan jika password itu biasanya sama.
  • Lakukan perbaikan dengan masuk ke: Account > Privacy Settings > Applications and Websites and remove the rogue app.
Untuk informasi lebih jelas mengenai verifikasi, silakan mengakses link ini

di kutip dari infokomputer.com 
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam