Home » » Dual Boot In My Netbook

Dual Boot In My Netbook

Dual boot atau dua sistem operasi dalam satu PC / Laptop, mungkin sudah banyak sekali yang telah membahas tentang dual boot, tapi ini hanya sekedar cerita. semua berawal dari kinerja akses dari my netbook yang terasa lama untuk akses awal ketika tombol power di tekan, jangka waktu yang di habiskan cukup lama sampai my netbook siap di gunakan dalam sistem operasi windows 7, oleh karena itu,saya mencoba untuk menggunakan windows XP, yang mana akses nya cukup lebih cepat di banding windows 7 karena windows xp memang lebih terasa enteng oleh memori yang di gunakan untuk setelah instalasinya juga beberapa fitur yang tidak terlalu detail seperti windows 7.

maka untuk itu saya mencoba dual boot pada my netbook ini, pertama tama semua harus di mulai dari awal untuk memastikan proses pemasangan dua sistem operasi. perlu diingat apabila proses ini cukup beresiko untuk data data kita yang ada di dalam hard disk internal PC / Laptop kita, maka sebelumnya kita membackup semua data kita pada memori lain selain hard disk kita yang akan kita install dua sistem operasi tersebut. bila semua data sudah di backup, maka kita masuk ke proses awal, yaitu

1. siapkan kedua sistem operasi kita yang akan di install pada PC / Laptop kita, windwos XP & windows 7. install sistem operasi pertama, pada tahap ini kita dapat menginstall sistem operasi apa saja yang ingin jadi sistem operasi kedua kita, sebagai contoh pada my netbook adalah sistem operasi windows XP yang pertama di install seperti biasa.

2. pada tahap instalasi akan memasuki fase pembagian memori hard disk atau pembuatan partisi, pada tahap ini hapus semua partisi pada hard disk ( apabila sebelumnya sudah terdapat partisi pada hard disk kita ). buat partisi sesuka kita, namun pastikan untuk menyiapkan partisi sistem operasi pertama & sistem operasi kedua, misal sistem operasi windows XP cukup dengan membuat partisi memori minimal sebesar 5GB ( memori sebesar ini cukup apabila kita tak terlalu ingin banyak menginstall program pada windows XP ).
lalu buat partisi lainnya lagi untuk instalasi sistem operasi satunya lagi, seperti contoh windows 7, karena windows 7 adalah sistem operasi utama, maka kita memerlukan memori yang cukup besar atau minimal 10 - 15GB, namun bila memori hard disk kita cukup besar, maka kita bisa lebih untuk memberi memori pada partisi instalasi windows 7 ini. untuk partisi selanjutnya adalah partisi untuk memori penyimpanan kita, memori untuk penyimpanan kita bisalah kita membuat beberapa partisi sesuai kebutuhan & keinginan kita, untuk pada my netbook, saya hanya memerlukan 1 partisi untuk memori penyimpanan saya.

3. setelah sudah menentukan & menetapkan partisi partisi, kita memasuki fase penginstalan sistem operasi, untuk sistem operasi yang pertama kita install seperti pada my netbook adalah sistem operasi windows XP, kita install pada partisi yang sudah di siapkan untuk instalasi sistem operasi ini sebelumnya. instal seperti biasa sampai selesai.

4. setelah semua proses instalasi sistem operasi pertama selesai, maka kita masuk ke instalasi sistem operasi kedua. seperti biasa kita memasuki proses booting seperti layaknya instalasi biasa. pada my netbook, sistem operasi yang kedua kita install ini akan di jadikan sistem operasi utama, karena sistem operasi yang terakhir kita install secara default atau automatis akan menjadi sistem operasi default kita ( utama ) secara automatis, sedangkan untuk sistem operasi yang pertama di install hanyalah untuk sistem operasi kedua kita atau pilihan lain dari sistem operasi utama kita. install lah  sistem operasi utama kita pada partisi memori yang berbeda dengan partisi sistem operasi yang sebelumnya kita install, install pada partisi memori yang sudah kita siapkan sebelumnya untuk sistem operasi utama kita.

5. install sistem operasi utama kita ( windows 7 ) secara biasa sampai selesai. setelah itu restar PC / Laptop kita, pada tahap booting awal, akan muncul 2 pilihan sistem operasi pada PC / Laptop kita, seperti contoh pada my netbook, maka muncul 2 pilihan, secara default adalah windows 7, dan pada tahap ini kita bisa memilih sistem operasi selain windows 7, yaitu windows XP yang sudah di install sebelumnya, setelah memilih, maka tinggal tekan enter untuk memasuki sistem operasi yang telah di pilih. perlu di ingat, bila dalam waktu sekitar 10 detik kita tidak memilih salah satu dari sistem operasinya, maka secara automatis akan memasuki sistem operasi yang kedua kita install ( windows 7 ).

selanjutnya kita tinggal melengkapi instalasi kita pada masing masing sitsem operasi kita, seperti menginstall driver driver untuk laptop kita, dll
demikian sekilas cerita membuat dual boot pada my netbook, moga cerita ini dapat mudah di pahami bagi yang membacanya juga berguna bagi yang menerapkannya.
Share this :

+ comments + 2 comments

28 November 2011 at 20:00

tambahin printscreenan caranya dong kak, saya kurg ngerti hehe

29 November 2011 at 09:19

thanks atas kunjungannya, untuk print screen... next time d usahakan untuk bisa di tampilkan... msh blm menginstlall lg nih, eheh

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam