Home » » 8 Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal

8 Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal

8 Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal. Sebagai organ yang penting bagi sistem metabolik tubuh, ginjal perlu dijaga kesehatannya. Jika tidak dipelihara dengan baik, ginjal bisa cepat rusak dan mengakibatkan komplikasi mulai dari penyakit kardiovaskuler, kerusakan saraf, hingga kerusakan kelenjar paratiroid.

Menjaga kesehatan ginjal sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hal yang utama yang perlu dilakukan yaitu menghindari faktor yang dapat memperbesar risiko dari penyakit ginjal. Pilihan gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum, sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal.

Peneliti Liliana Jimenez dari Danone Research International mengatakan, setidaknya ada delapan upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut kedelapan kiat yang dipaparkan dalam acara temu media memperingati hari ginjal sedunia Rabu (6/3/2013) kemarin di Jakarta :

1. Jaga kesehatan dan tetap beraktivitas

Beraktivitas yang dimaksudkan yakni melakukan aktivitas fisik. Aktiflah bergerak untuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda.

2. Jaga kadar gula darah tetap stabil

Penyakit diabetes salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal.

3. Jaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yang terus meningkat selama lima tahun terakhir. Berdasarkan data dari IRR tahun 2010, tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35 persen. 

4. Konsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan ideal

Makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet juga dapat mengganggu kesehatan ginjal. Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit dr. Ciptomangunkusumo (RSCM) Parlindungan Siregar mengatakan dalam kesempatan yang sama, minuman seperti teh atau kopi jika terlalu sering diminum setiap hari dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.

5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih. Bila Anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

6. Jauhi rokok

Rokok telah lama dikenal sebagai pemicu dan faktor risiko berbagai penyakit berat, termasuk penyakit ginjal.

7. Tak mengkonsumsi obat sembarangan

Obat kimia adalah zat asing yang dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Untuk itu disarankan agar tidak mengonsumsi obat sembarangan. "Sebaiknya setiap obat yang Anda konsumsi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter," ujar Parlindungan.

8. Periksa fungsi ginjal secara rutin segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko

Bentuk pemeriksaan dapat berupa pengukuran laju filtrasi glomerulus (LFG) dan adanya protein dalam urin.

demikian artikel tentang 8 Kiat Menjaga Kesehatan Ginjal, semoga bermanfaat.

di kutip dari dechacare.com
Share this :

+ comments + 2 comments

19 April 2015 at 10:21

PROMO BESAR- BESARAN DARI SANI SARTIKA UNTUK 2015 BERBAGAI TIPE HANPHONE SEPERTI Bila berminat silahkan untuk konfirmasi pemesanan silahkan hubungi:0816 597476 VIA PIN BBM 264093EF BlackBerry>Samsung>Smartfren.
>Sony>Nokia>Apple>Acer>Canon>Dell>Nikon>DLL
Ready Stock !Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp. 1.000.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 8.9, 16GB - Pure WhiT Rp. 1.600.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 7.7 Super AMOLED Plus Rp.1.500,000
Ready Stock !Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.700.000
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 1.000.000
Ready Stock !Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si Rp.1.500.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.700.000
Ready Stock !Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.500.000,-
Ready Stock !Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus Rp. 1.000.000.
Ready Stock !BlackBerry 9380 Orlando - Black Rp.900.000,-
Ready Stock !BlackBerry Curve 8520 Gemini Rp.500.000,-
Ready Stock !BlackBerry Bold 9780 Onyx 2 Rp.800.000,-
Ready Stock !Blackberry Curve 9320 Rp.700.000,-
Ready Stock !BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.1.500.000,
Ready Stock !Blackberry Torch 9800 Rp.1.200.000,
Ready Stock !Blackberry bellagio 9790 Rp.1.100.000
Ready Stock !BlackBerry Curve 9220 Davis Rp.650.000,-
Ready Stock !BlackBerry Torch 2 9810 Jennings Rp. 1.350.000,-
Ready Stock !BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000,-
Ready Stock !Blackberry Monza 9860 Rp.1.400.000,-
Ready Stock !Blackberry Keppler 9300 Curve 3GRp.700.000,

19 October 2015 at 09:08

Bouncer bayi merk elfe untuk ibu pertama kali. Setiap ibu berpengalaman akan memberitahu Anda - lalat tahap baru lahir dengan menjadi cheetah pada kafein, jadi ingatlah dua hal: Cherish mereka yang berharga, saat tengah-of-the-malam jika itu hanya Anda dan bayi, dan menundukkan kerinduan untuk melihat babi liar di lemari awal bayi Anda.


Sterilisasi botol bayi dan juga aksesoris lainnya botol keperawatan sangat penting dalam mencapai sanitasi seratus persen. Sebuah alat botol sterilisasi menggunakan uap serta mengakomodasi aksesoris bayi lainnya. Biasanya, alat terdiri dari jual baby bouncer harga murah hello kitty delapan lubang di mana botol bayi dapat ditempatkan dan juga lubang kesembilan di tengah mungkin bisa menjadi tempat untuk puting dan cangkir. Namun, beberapa botol susu komersial tidak dapat menahan panas mendidih mereka meleleh atau mendapatkan terdistorsi dalam proses perebusan. Pemantauan ketat dari proses sterilisasi sangat penting. Selain itu, ibu modern tidak lagi pilih sterilisasi. Mereka telah menemukan botol pembersih dengan air sabun hangat atau panas jauh lebih nyaman.

Ketika menghadiri baby shower Anda dari teman masing-masing terdekat Anda, Anda tidak perlu melakukan kecerobohan. Hal ini memalukan memang tapi tambahan sensitif. Agar untuk sisi yang lebih aman, Anda bisa mengunjungi toko Bayi jual baby bouncer murah sugar happy animals dan membeli sesuatu yang bermanfaat bagi ibu baru atau bahkan bayi. Gifting t-shirt besar atau sepatu untuk bayi tentu tidak akan menjemputmu poin kue ekstra. Ingat toko Bayi ini bisa menjadi lokasi satu-stop untuk kebutuhan Anda tumbuh dari orang bersama dengan ibu.

Pakaian bayi mereka yang membutuhkan jumlah tambahan perawatan dan pencegahan. Kami di gratis hal-hal bayi menerima adalah sebagai benar sangat kuat daripada satu hal yang mendapat risiko dan menimbulkan ancaman bagi bayi Anda. Oleh karena itu, kami menjaga kehati-hatian ekstra sementara manufaktur pakaian bayi tersebut. Cabang jual baby bouncer harga murah cradle rainbow khusus dari perusahaan yang memproduksi pakaian bayi sepenuhnya dilindungi terhadap masalah infeksi yang dapat mematahkan pakaian bayi. Para pekerja mengambil tingkat tambahan ingin memproduksi sangat baik kualitas pakaian bayi.

Anda dapat mempengaruhi seluruh pandangan dari ikat kepala dengan melampirkan rambut bayi busur bersama-sama. Tapi pertanyaan yang paling sering yang menghantui setiap ibu adalah bagaimana untuk melampirkan busur tersebut. Namun, Anda tidak harus khawatir karena prosedur ini sangat mudah serta sederhana. Sebuah busur dapat digabungkan ke ikat kepala tanpa hiasan tradisional nay. Yang perlu Anda lakukan adalah menenun jepit yang masuk dan keluar dari pad cara yang perlu Anda lakukan pekerjaan jarum pada kain. Klip buaya bekerja pilihan yang paling efektif untuk ini ditambah seharusnya tenunan hati-hati sehingga headband tidak tersangkut. Bando merenda untuk bayi telah menjadi murah dan mereka tersedia bahkan di vendor internet. Ini sebenarnya rambut aksesori yang paling populer untuk bayi dan untuk daerah. Harga mulai dari $ 1 dan dapat meningkatkan sebanyak $ 30 tergantung pada informasi yang digunakan. Namun, harga dapat sedikit lebih tinggi di toko-toko lokal jika dibandingkan dengan vendor internet. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara $ 3 ikat kepala yang Anda beli di web dan $ 15 ikat kepala yang dibawa dari toko lokal Anda.

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam