Home » » Kecerdasan Anak Di Bentuk Sejak Janin

Kecerdasan Anak Di Bentuk Sejak Janin

Kecerdasan Anak Di Bentuk Sejak Janin. Kecerdasan anak dapat dibentuk dan distimulasi sejak masih dalam kandungan.

Hal itu dikatakan dokter spesialis saraf dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Dr Dwi Putro Widodo SpA.

“Kecerdasan anak sudah dapat distimulasi sejak masih berupa janin, melalui nutrisi ibu dan stimulasi dari luar,” ujar Dwi di Jakarta, Kamis (29/11).

Menurut dia, asupan nutrisi ibu sangat penting dalam pembentukan otak anak terutama pada tiga bulan pertama kehamilan. Sementara untuk stimulasi dari luar dapat berupa sentuhan, dan suara.

“Sewaktu hamil, ibu hamil sering mengelus perut, mengajak janinnya bicara, serta memperdengarkan musik klasik, adalah bentuk stimulasi dari luar,” jelas Dwi.

Menurut dia stimulus ini dapat dilakukan karena beberapa organ tubuh dan otak belakang janin yang terkait dengan pendengaran sudah mulai terbentuk.

Rangsangan dari nutrisi dan dari luar ini, dikatakan Dwi mampu meningkatkan koneksi antar sel otak, atau yang biasa disebut sinaps.

Sebagai jembatan penghubung, sinaps memungkinkan sel-sel otak tersebut untuk saling mengirimkan sinyal atau berkomunikasi.

“Semakin sering otak distimulasi pada tahap ini, maka akan sel akan berkembang menjadi semakin banyak dan semakin baik. Satu sel saraf otak biasanya mencapai 2.500 jaringan saat bayi lahir,” kata Dwi.

Dia juga menekankan bahwa dengan stimulasi yang diberikan di masa kehamilan, bayi yang lahir dapat memiliki jaringan sel otak hingga 3.000 sinaps. (Antara/nj)

demikian artikel tentang Kecerdasan Anak Di Bentuk Sejak Janin, semoga bermanfaat.

di kutip dari kabar24.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam