Home » » Cara Mengembalikan Data Dari Hidden Virus Shortcut

Cara Mengembalikan Data Dari Hidden Virus Shortcut

virus... mungkin bagi banyak orang virus sudah menjadi hal yang paling menyebalkan, terutama virus yang lagi cukup terkenal saat ini adalah virus shortcut, jenis virus ini berkemampuan membuat semua tampilan shortcut untuk semua file kita, baik folder ataupun file lainnya, file & folder yang sudah terinfeksi virus ini, tentunya akan terhidden dari system, serta untuk menampilknnya tidak bisa sembarang saja seperti klik kanan properties. virus ini cukup ampuh di basmi oleh salah satu anti virus andalan yang sudah saya tested adalah anti virus avast, anti virus ini bisa kita dapatkan pada situs resmi avast.

untuk membasminya, langsung saja unduh avast terlebih dahulu.... di sini
setelah di PC atau laptop kita sudah terinstall anti virus yang dapat membasmi virus shortcut ini, barulah kita mulai membersihkan virus tersebut dengan melakukan full scanning pada drive atau lokasi penyimpanan yang ingin kita bersihkan dari virus shortcut ini. setelah semua data sudah di scanning oleh anti virus & semua virus sudah di karantina ( move to chest ), maka proses selanjutnya adalah menghilangkan sisa sisa virus shortcut & memunculkan data asli kita. sebelumnya kita harus mengetahui bahwa type virus ini adalah shorcut, jadi memori yang terkena virus ini, datanya terhidden dari system, secara kasat mata data data yang sudah terkena virus shortcut tidak akan dapat di lihat secara biasa pada PC atau laptop kita, meskipun melalui cara folder option ataupun klik kanan - properties. data yang sudah terkena virus ini seperti menghilang & yang ada hanyalah shortcut buatan dari si virus ini. bila virusnya sudah bersih, kita cukup mendelete semua shortcut yang tampil pada memori drive kita yang di buat oleh si virus ini,  tapi perlu di ingat, untuk mendelete semua shortcut buatan si virus, jangan lah menggunakan ctrl + A, karena itu dapat menghapus fil asli yang terhidden oleh virus, maka kita cukup menghapus dengan menghapus manual sedikit demi sedikit untuk memastikan file yang terhidden tak ikut terhapus, step lengkap dari awal di bawah ini :

1. siapkan anti virus ( avast ) . bila belum terinstall, bisa unduh terlebih dahulu...di sini

2. install anti virusnya, bila sudah terinstall & sudah update definisi virus & program pada anti virus avast, maka lakukan scanning pada drive memori tujuan scanning.

3. setelah selesai scanning, maka proses penghapusan semua sisa dari virus shortcut berupa shortcut shortcut dari data kita. ( perlu di ingat, shortcut buatan si virus, tidak berfungsi sebagai shortcut, ini ahanyalah manipulasi si virus untuk data kita, jadi tidak perlu di klik... heheh )

4. delete secara manual shortcut shortcut buatan si virus dari data kita. ( jangan melakukan ctrl + A untuk memilih semuanya, tapi hapus secara manual sedikit demi sedikit untuk pastikan yang terhapus memanglah shortcut buatan si virus atau data bekas si virus yang biasanya terdapat di folder Recycler pada drive memori kita.

5. setelah semua sisa sisa virus sudah terhapus, serta drive sudah bersih dari si virus, maka tinggal memunculkan kembali data kita. bisa di lihat jumlah memori kita tetap terisi seperti sebelumnya, tapi datanya tidaklah muncul pada drive memori kita, maka perlu di munculkan kembali dari system.
berikut screenshot prosesnya :



6. tekan tombol WINDOWS + R pada keyboard pc atau laptop. untuk menampilkan run windwos, lalu ketik  pada windows run tersebut CMD, untuk memasuki menu command prompt pada PC atau Laptop.

7. ketik perintah di bawah ini, ketik perintah yang di ketik secara tebal di bawah ini seperti contoh pada gambar di atas sebelumnya.
  • f:             ( bila drive yang ingin di kembali munculkan datanya adalah drive f, maka ketik f: lalu enter )
  • dir           ( lalu enter ) 
  • attrib -s -h -r *.* /s /d                  ( attribut -system - hidden - read_only semua file. semua ekstensi lalu enter )
8. tunggu hingga beberapa menit, sampai data kita kembali.

9. cek data drive memori kita, apakah sudah kembali muncul semua..?? bila belum berarti ada proses yang salah, atau mungkin prosesnya belum selesai, pastikan semua step benar, apakh dalam penghapusan sisa virus, ataupun step lainnya.

10. bila sudah kembali, berarti, kita tak perlu terlalu khawatir lagi terhadap virus ini, karena kita telah mengetahui cara menangkalnya.

semoga bermanfaat & dapat di terapkan dengan baik, tanpa problem..
terima kasih bagi pembaca artikel ini.
Share this :

+ comments + 3 comments

29 November 2011 at 21:28

good boy, but i don't understand :)

Anonymous
28 March 2012 at 17:14

bgs bgd gan,,, makasih byk,,, sgt membantu ^^

28 March 2012 at 22:00

y sama sama gan, makasih jg udh brkunjung di blog ini...

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam