Home » » Slax ( Distro )

Slax ( Distro )

nyoba buat distro yuk...
distro itu adalah slax, slax itu adalah sebuah sistem operasi yang bisa di bilang mini linux atau linux versi mini, yang mana bisa running dari sebuah CD / USB FlashDisk. penggunaannya cukup simple & ringan, berguna bagi kita yang mungkin terasa bosan dengan sistem operasi utama kita yang sering kita gunakan, maka untuk itu tidak ada salahnya untuk mencoba yang satu ini, slax ( distro ).
langsung saja untuk keperluan yang di butuhkan dalam pembuatan distro atau editing slax sebagai berikut.

1. Slax ( ini adalah bahan jadi yang bisa kita edit edit sesuka hati ) file size 200MB. dapat di unduh pada situs resminya slax.org atau di sini . kita dapat unduh salah satu versi, iso atau tgz. tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan kita, tapi di sini kita mencoba pada slax.iso atau slax versi iso. kita juga dapat mendowload module module atau build pada situs slax.org untuk menambahkan fitur fitur sesuai keinginan kita.

2. Power Iso ( Berguna untuk mengedit, creating file iso ) file size 1,8MB. bisa di unduh di sini.

3. Wordpad ( program ini secara default sudah tersedia pada sistem operasi windows).

4. MySlax Creator ( Software untuk editing slax yang sudah di download sebelumnya ) file size 2,29MB. bisa di unduh di sini

test pembuatan distro ini menggunakan sistem operasi windows 7 ultimate.
Langsung ke proses editing atau creating distro.

1. buka slax yang sudah kita unduh sebelumnya pada situs slax.org, harus di pastikan slax yang di unduh benar benar slax dengan type file iso. kemudian buka slax tersebut dengan power iso. lalu klik folder boot maka akan tampil seperti di bawah ini.














pada tahap ini kita dapat mengedit slax.png ( tampilan booting slax ) serta dapat edit slax.cfg pada aplikasi Wordpad. kita dapat mengganti slax.png dengan gambar sesuka kita dengan mendelete slax.png, lalu add file gambar yang akan di jadikan untuk penggnti slax.png yang telah di delete tersebut. akan tetapi dimensi atau resolusi gambar harus 640x480, serta type file gambar harus lah png. kita dapat gunakan miscrosoft office picture manager untuk resize & menjadikan type file gambar menjadi png. atau dapat gunakan aplikasi lainnya seperti photoshop, dll. kemudian editing configurasi pada slax.cfg ( hanya bila ingin untuk editing configurasinya ). klik kanan pada slax.cfg, pilih open with, lalu pilih program Wordpad. di sana kita dapat editing configurasi, seperti untuk nama dari slax.png, yang dapat di ganti menjadi sesuka kita co : ibe.jpg
setelah selesai editing maka kita save slax iso tersebut. close power iso.

2. kita running MySlax Creator.

















klik next

















pilih ISO Default

















pilih file iso ( slax.iso ) yang telah kita edit sebelumnya. lalu open

















klik next

















di bawah ini adalah tahap penambahan module module yang telah di unduh juga pada situs slax.org

















Di bawah ini merupakan proses remove atau penghapusan module yang sudah terdapat di slax.iso tersebut

















Di bawah ini merupakan proses pengantian wallpaper dari slax ( distro ) default serta editing lainnya.

















Pada gambar berikut, kita memilih MyRootCopy folder ( untuk menentukan tempat penyimpanan gambar yang akan di jadikan wallpaper slax ( distro ) kita. lalu kita pilih Custom KDE ( untuk memilih wallpaper sesuai dengan lokasi yang sudah di tentukan sebelumnya di MyRootCopy folder. perlu di perhatikan, bila lokasi penyimpanan dengan pengambilan wallpaper tidak sama, maka sistem dari myslax creator tidak akan dapat melanjutkan proses ( terjadi Hang / sistem not responding ).

















berikut merupakan proses building ( pembuatan file iso dari slax yang telah di edit ).
klik Create ISO. bila selesai klik next untuk melanjutkan proses selanjutnya seperti Burn Myslax ( burning slax ke CD ). atau untuk proses yang selanjutnya yaitu Create MySlax Stick ( slax yang bisa running langsung dari Flashdisk ). bila kita hanya membutuhkan file ISOnya saja, maka pada saat proses pembuatan ISO selesai, langsung saja close program MySlax Creator.

































Demikian Pembuatan Slax ( Distro ) versi kita sendiri, tentunya untuk wallpaper, slax.png, dll bsa di isi dengan gambar kita sendiri atau di isi sesuai keinginan kita. semoga artikel ini bermanfaat & dapat di pahami. terima kasih telah bersedia melihat & membaca artikel ini.

Share this :

+ comments + 2 comments

7 December 2011 at 22:00

wahh.. saya pelupa nih.. klo saya lupa saya tanya ke mr. ibe langsung ya :P
good job

7 December 2011 at 22:59

sip... silahkan... heheh

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam