Home » » Cara Mudah Detoks Alami

Cara Mudah Detoks Alami

Sebenarnya, dalam tubuh kita memiliki organ-organ yang dapat berperan penting dalam upaya detoksifikasi alami atau yang biasa disebut dengan sebutan pengeluaran racun dari dalam tubuh, sebut saja ginjal, limpa, dan hati. Namun, kondisi lingkungan yang semakin tidak bersahabat dengan tubuh seringkali memaksa kita agar berhati-hati dengan segala kemungkinan yang mungkin saja secara tidak langsung ikut masuk melalui peredaran darah.


Paparan polusi yang berlebih ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang kurang baik bagi tubuh seringkali tanpa kita sadari akan mempengaruhi organ dalam tubuh kita dalam proses detoksifikasi alami. Selain berpuasa, detoksifikasi alami yang dapat dilakukan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya adalah dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan membatasi jenis-jenis makanan yang berbahaya bagi tubuh. Berikut ini cara sederhana untuk detoksifikasi alami:

1. Istirahat
Ini adalah cara detoksifikasi yang sangat mudah dilakukan, namun seringkali banyak orang menyepelekan kegunaan istirahat bagi tubuh. Padahal, istirahat yang cukup dapat membantu organ-organ tubuh untuk ikut beristirahat dan mempersilakan sel-sel dalam tubuh untuk beregenerasi. Tanpa istirahat, tubuh akan semakin banyak menumpuk racun-racun yang biasa didapat saat tubuh sedang dalam kondisi kurang istirahat. Hal ini juga akan memperburuk kondisi organ yang berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh seperti ginjal dan hati. Tanpa istirahat, organ-organ yang berperan dalam proses detoksifikasi tersebut juga akan terganggu.

2. Konsumsi banyak air
Mengkonsumsi banyak air sedikitnya delapan gelas perhari dapat menjadikan racun-racun yang bersarang dalam tubuh akan keluar dengan cepat. Bagaimanapun, air adalah cairan yang sangat diperlukan bagi tubuh terutama bagi ginjal dimana ia berperan aktif dalam penyerapan cairan. Dengan banyak minum dapat mengaktifkan fungsi ginjal dan membuang banyak racun yang ada pada tubuh melalui urin.

3. Banyak buah dan sayur
Jika Anda tipikal orang yang jarang mengkonsumsi air sedikitnya delapan gelas perhari, hal tersebut bisa digantikan dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka. Tak hanya buah yang mengandung banyak air, buah-buahan pada umumnya juga berperan penting dalam proses detoksifikasi alami pada tubuh karena mengandung serat yang dapat mengikat zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan membuangnya melalui feses.

4. Olahraga
Jangan salah mengira jika olahraga tidak penting bagi tubuh. Justru olahraga sangat dibutuhkan bagi tubuh, selain dapat memperlancar peredaran darah, olahraga juga dapat mengeluarkan keringat dimana hal tersebut adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh melalui kulit.
Jadi, yuk, atur pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit.

di kutip dari vemale.com
Share this :

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam